post image
KOMENTAR
Komisi VIII DPR RI dan Pemerintah menyepakati Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) Tahun 2016 sebesar Rp 34.641.304 atau setara dengan USD 2.585. Dibandingkan tahun lalu, BPIH yang besarnya USD 2.717, besaran BPIH tahun ini turun sebesar USD 132.

Dengan demikian, penurunan BPIH pada masa periode ini telah mencapai USD 684, karena tahun 2015 lalu juga telah diturunkan sebesar USD 502.

"Tadi malam, rapat panja BPIH dengan Pemerintah ditutup pada pukul 3.30 dinihari. Ini adalah bentuk kesungguhan dan komitmen DPR dalam meningkatkan kualitas pelayanan haji sekaligus penurunan beban jamaah haji Indonesia," kata Ketua Komisi VIII DPR RI, Saleh Partaonan Daulay , Minggu (1/5).

Jelas Saleh, penurunan BPIH ini tidak terlepas dari kebijakan-kebijakan baru dalam pembahasan BPIH tahun ini. Salah satu kebijakan yang dinilai berdampak besar adalah pembayaran seluruh kebutuhan jamaah hanya dibayar dalam mata uang rupiah dan riyal. Sementara tahun lalu, pembiayaan masih didominasi mata uang dollar. Akibatnya, fluktuasi nilai dollar seringkali merugikan jamaah haji.

"Sebagai contoh, tahun lalu kita harus mengalokasikan dana safeguarding untuk melindungi nilai mata uang rupiah sebesar 100 miliar. Sekarang, safeguarding turun drastis menjadi hanya 40 milliar. Itu pun sudah termasuk perlindungan rupiah atas fluktuasi nilai riyal dan antisipasi force major," ujar anggota Fraksi PAN dari Dapil SUmut II ini.

Selain itu, lanjut Saleh, ada sejumlah efisiensi yang dilakukan berdasarkan evaluasi terhadap penyelenggaraan tahun lalu, seperti penurunan pagu biaya pemondokan di Mekkah. Efisiensi pemondokan sebesar 40 milliar tahun lalu di Mekkah dapat digunakan untuk menghemat pembiayaan.

"Selain itu masih ada beberapa komponen lain yang secara signifikan dapat meringankan beban jamaah dalam melunasi BPIH," tukasnya. [hta/rmol]


Komunitas More Parenting Bekerja Sama Dengan Yayasan Pendidikan Dhinukum Zoltan Gelar Seminar Parenting

Sebelumnya

Sahabat Rakyat: Semangat Hijrah Kebersamaan Menggapai Keberhasilan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Komunitas