post image
KOMENTAR
Pondok Pesantren Darusshofa di Jalan Purwosari Gang Sederhana menggelar acara khitanan massal untuk mengisi liburan panjang. Kegiatan ini mendapat antusias dari warga yang ditandai dengan banyaknya warga yang membawa anaknya untuk dikhitan. Data yang diperoleh terdapat 110 anak yang dikhitan dalam kegiatan tersebut

"Karena libur, anaknya pun sudah minta-minta (untuk dikhitan). Makanya keinginannya cepat-cepat kita ikuti. Kita dengar di sini diadakan tiap tahun," kata Taufik Siregar (40) ayah dari salah seorang peserta khitanan.

Seperti biasa, anak-anak yang dikhitan sebagian menangis. Namun demikian sebagian masih terlihat bangga sambil berjalan dengan memegangi sarung mereka.

Seperti khitan massal lainnya, peserta tidak dikenakan biaya apa pun. Mereka juga diberikan bingkisan berupa kain sarung, obat-obatan, dan santunan.

Proses khitan dilaksanakan puluhan tenaga medis yang menjadi relawan dalam kegiatan ini. Beberapa di antara mereka merupakan relawan dari perguruan tinggi.

Salah seorang panitia khitan massal, Said Haikal Husein Al Idrus, mengatakan kegiatan ini dilaksanakan setiap tahun, tepatnya pada 27 Rajab atau peringatan Isra' Mikraj Nabi  Muhammad SAW.

"Tujuannya tidak lain tidak bukan mendekatkan diri kepada Allah. Agar anak-anak juga mengenal agama dan sunnah," jelasnya.[rgu]

Pemantapan Sebelum Dipentaskan Diajang Bergengsi, Mantra Bah Tuah Mendulang Dukungan dan Apresiasi

Sebelumnya

Pakat Melayu, Tegaskan Komitmen Jaga Budaya Melayu

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Budaya