post image
KOMENTAR
Bergabungnya Partai Golkar ke dalam koalisi partai pendukung pemerintah adalah langkah terukur yang dibutuhkan oleh kedua belah pihak, dalam hal ini pemerintah maupun Golkar sendiri.

Buat pemerintah, kehadiran Golkar diharapkan berdampak terhadap stabilitas pemerintahan. Sedangkan bagi Golkar, keputusan bergabung ke pemerintah bagian dari upaya menjaga trend kekuasaan yang selama ini menjadi warna politik Golkar. Itu terbukti, selama hampir dua tahun di luar kekuasaan, sepertinya Golkar tidak percaya diri.

Demikian disampaikan Wakil Ketua Umum DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Fadly Nurzal kepada redaksi, Kamis (26/5).

Namun apapun itu, kata Fadly, bergabung Golkar ke pemerintah tentulah akan berdampak positif buat dinamika politik nasional. Buat PPP, hal itu sesuatu yang wajar, termasuk juga jika Golkar nanti masuk dalam Kabinet Kerja.

"Buat PPP itu hal yang wajar-wajar saja. Karena buat PPP mendukung pemerintahan ini adalah tanggung jawab politik yang didasarkan kepada kepentingan kepastian pembangunan yang demokratis dan pelayanan masyarakat yang membutuhkan stabilitas politik, namun tidak menyingkirkan makna demokrasi itu sendiri, atau yang kita kenal sebagai check and balances," papar anggota DPR ini.

Jadi, lanjut Fadly, bergabungnya PPP tentulah berbeda dengan Golkar, karena kehadiran PPP di koalisi ini di saat pemerintah masih dalam upaya awal melakukan langkah stabilitas politik tersebut. Karena itu, PPP setuju pemerintahan ini kuat, namun harus berdampak terhadap percepatan pemanfaatan pembangunan buat masyarakat. Karena kalau tidak, koalisi besar ini hanya akan menjadi tontonan rakyat yang diikuti dengan kekecewaan atau bahkan caci maki.

"Untuk itulah koalisi partai pendukung pemerintah harus merumuskan secara konkrit bersama Bapak Presiden (Joko Widodo) tentang manfaat langsung adanya koalisi besar ini," demikian Fadly. [rgu/rmol]

Ganjar Pranowo Dilaporkan ke KPK, Apakah Prediksi Fahri Hamzah Terbukti?

Sebelumnya

Apple Kembali Alami Kenaikan Pendapatan, Kecuali di China Raya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa