post image
KOMENTAR
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mantap ingin memperluas implementasi kurikulum pendidikan tahun 2013. Kata Kepala Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Tjipto Samadi, pemerintah akan meningkatkan jumlah sekolah pengguna Kurikulum 2013 yang saat ini berjumlah 19 persen.

"Kami akan tingkatkan jumlah sekolah yang terapkan kurikulum tahun 2013, dari 19 persen menjadi 44 persen," ujar Tjipto saat ditemui di Hotel Le Meridien, Jakarta, Selasa (31/5).

Dia menjelaskan, sejauh ini dari 208 ribu jumlah sekolah di Indonesia, sekitar 52 ribu di antaranya telah menerapkan Kurikulum tahun 2013. Dengan target baru, diharapkan ada peningkatan secara signifikan jumlah sekolah di Indonesia yang menerapkan Kurikulum 2013.

"Diharapkan (jumlah sekolah) bisa bertambah, ini penting untuk tingkatkan mutu pendidikan kita," kata Tjipto.

Dia menambahkan, perubahan kurikulum pendidikan itu dilakukan sebagai bentuk evaluasi dan peningkatan mutu pendidikan sekolah-sekolah di Indonesia.

Hal ini, menurutnya, berkaitan dengan tuntutan di era globalisasi, bahwa tingkat kompetisi pendidikan masyarakat tidak hanya sebatas kompetisi antar daerah, tapi juga kompetisi dunia pendidikan secara global. Oleh karena itu, perubahan dan paradigma baru dalam kurikulum pendidikan perlu dilakukan secara terus-menerus guna meningkatkan daya saing masyarakat Indonesia khususnya dalam dunia pendidikan.

"Tuntutan pelajaran berbasis abad ke-21 kan koperarif, kolaboratif, komunikatif, dan kreatif. Sehingga kurikulum pembelajaran harus bisa memenuhi keempat aspek itu dengan cara melakukan perubahan," kata Tjipto.

Lebih lanjut, dia menegaskan bahwa perbaikan kurikulum yang dilakukan pemerintah tetap didasarkan dengan pedoman kurikulum yang sudah ditetapkan tahun 2016.

"Kurikulum terus berkembang, jadi jangan panik kalo ada perubahan kurikulum," tambah Tjipto.

Sesuai rancangan sistem pengawasan dan evaluasi, Kurikulum 2013 ini terbuka bagi berbagai tinjauan dan penyesuaian sehingga kurikulum ini menjadi kurikulum 'terbuka' yang fleksibel dalam merespon perubahan-perubahan yang diperlukan dalam hal pendidikan dari waktu ke waktu. [hta/rmol]

Komunitas More Parenting Bekerja Sama Dengan Yayasan Pendidikan Dhinukum Zoltan Gelar Seminar Parenting

Sebelumnya

Sahabat Rakyat: Semangat Hijrah Kebersamaan Menggapai Keberhasilan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Komunitas