post image
KOMENTAR
Pemerintah Provinsi Jawa Barat berencana melengkapi masjid terapung dengan replika Museum Nabi Muhammad. Rencananya masjid itu dibangun di Gedebage, Kota Bandung

Saat ini, rombongan Pemprov Jabar sedang melakukan studi banding ke Museum Asmaul Husna, Madinah dan Mekah.

Seperti dimuat RMOLJabar.Com (grup medanbagus.com) Selasa, (7/6), Asda II Pemprov Jabar, Deny Juanda Puramidaja menjelaskan, studi banding tersebut untuk mengumpulkan informasi lengkap terkait pembangunan museum Nabi Muhammad.

"Tujuan ke Madinah dan Mekah berkunjung ke museum adalah melakukan studi rinci tentang latar belakang, makna, dan pilihan strategi perwujudan museum. Sehingga tercipta proses pembelajaran bagi masyarakat dunia untuk lebih mengagumi kekuasaan Allah SWT," ujar Deny, kemarin (Senin, 6/6).

Deny menambahkan, mesjid yang berukuran 99 X 99 meter dengan dua lantai tersebut, akan diperuntukan untuk tempat ibadah, dan lantai dasarnya dipakai untuk berbagai keperluan umat, termasuk di dalamnya terdapat museum.  

"Studi museum juga menjadi inspirasi dan rujukan dalam menyusun Kerangka Acuan Kerja serta belajar model pemanfaatan museum sebagai tempat belajar, sehingga terjadi peningkatan kualitas keimanan multi level generasi penerus," katanya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan (Aher) mengataka,n pembangunan mesjid Gedebage akan dimulai‎ bersamaan dengan hari jadi Provinsi Jawa Barat. Lanjut Aher, nantinya mesjid yang akan memakan biaya Rp 500 milliar tersebut akan dinamai mesjid Al-Jabbar.

Menurutnya, Al-Jabbar mengacu pada singkatan "Jawa Barat" serta berdasarkan ilmu matematika "aljabar". Tak hanya melibatkan Pempov, dalam pembangunannya, Aher pun menunjuk Walikota Bandung Ridwan Kamil untuk‎ membuat konsep pembangunan masjid terapung tersebut.

""Mudah-mudahan (pembangunannya) 19 Agustus. Total (anggarannya) sekitar Rp 500 miliar," ucapnya.[rgu/rmol]

Berhasil Kumpulkan Dana Rp 30 Juta, Pemkot Palembang Sumbang Untuk Beli APD Tenaga Medis

Sebelumnya

Virus Corona Menjadi Alasan Deretan Pasangan Artis Ini Tunda Pernikahan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Ragam