post image
KOMENTAR
Pangkalan Utama TNI-AL (Lantamal) terlihat sangat baik dalam menyambut kedatangan Menteri Koordiantor Bidang Maritim dan Sumber Daya yang sedang menjalankan agenda kunjungan kerja di Kampung Nelayan, Medan Belawan, Sumut, Jumat (17/6).

Hal tersebut ditandai dengan dipersiapkannya puluhan anggota Lantamal Belawan untuk membantu kesuksesan acara tersebut. Selain itu, lancarnya transportasi rombongan Menko Rizal Ramli dari Pelabuhan Belawan menuju Kampung Nelayan menjadi pertanda lainnya.

Rombongan Menko Rizal Ramli, Gubernur Sumut dan Wakil Walikota Medan menggunakan Kapal Sea Rider Kopasus (Komando Pasukan Katak) TNI-AL sebagai alat transportasi selama berada di Kampung Nelayan. Rombongan tersebut didampingi langsung oleh Komandan Lantamal Belawan, Kolonel Marinir Widodo Dwi Purwanto.

Namun kapal yang berkecepatan maksimal 40 knot tersebut hanya mengantarkan kembali rombongan Menko Rizal Ramli dari Kampung Nelayan menuju Pelabuhan Belawan. Hal tersebut disebabkan derasnya hujan yang turun ketika rombongan Menko Maritim menuju Kampung Nelayan.

"Tadi Pak Menteri naik kapal sipil, yang ada tutupnya dan yang bagus. Karena hujan deras kali sewaktu berangkat tadi. Kalau tidak hujan, naik Sea Rider juga perginya," kata Kadis Penerangan Lantamal Belawan, Mayor Laut Sahala Sinaga.

Selain memiliki kecepatan tinggi, kapal Sea Rider Kopaska milik Lantamal Belawan ini memiliki alat navigasi dan komunikasi yang canggih serta persenjataan berat SMS (Gun Mountining). Kapal yang lambungnya berbentuk huruf 'v' tersebut terbuat dari bahan Fiberglass Reinforced Polyester, kapal yang sangat baik dalam memecah gelombang laut.

Kapal Sea Rider Kopaska milik Lantamal Belawan tersebut memiliki panjang 8,50 m, lebar 2,95 m, tinggi geladak 0,70 m, sarat air/draft 0,40 m, dan kemampuan angkut maksimal sebesar 2.000 kg.

Keselamatan Menko Rizal Ramli sangat dijaga dalam agenda kunjungan kerjanya di Kampung Nelayan. Oleh karena itu, kapal Sea Rider Kopaska tersebut sengaja dipilih sebagai alat transportasi Menko Rizal Ramli.

"Memang sengaja dipilih kapal Sea Rider untuk trasnportasi pak Menteri. Selain cepat dan canggih, kapal ini punya peralatan keselamatan seperti life jacket, alat pemadam kebakaran, penangkal petir, kotak P3K, dan lain-lain," tandas Kadis Penerangan Lantamal Belawan, Mayor Laut Sahala Sinaga. [hta]

Komunitas More Parenting Bekerja Sama Dengan Yayasan Pendidikan Dhinukum Zoltan Gelar Seminar Parenting

Sebelumnya

Sahabat Rakyat: Semangat Hijrah Kebersamaan Menggapai Keberhasilan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Komunitas