post image
KOMENTAR
Presiden Joko Widodo kembali menyatakan perang terhadap kejahatan narkotika yang disebutnya sebagai kejahatan luar biasa.

"Kejar mereka, tangkap mereka, hantam mereka!" demikian seruan Kepela Negara Presiden pada peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) di Pinangsia Taman Sari, Jakarta, Minggu (26/6).

Di awal sambutannya, Jokowi kembali mengingatkan kerusakan yang ditimbulkan oleh narkoba. Dia menyebut, kejahatan luar biasa tersebut juga telah merengkuh berbagai lapisan masyarakat.

"Di dalam negeri kita, jumlah pengguna narkoba terus meningkat. Tahun 2015, diperkirakan angka prevalensi pengguna narkoba mencapai 5,1 juta orang dan 40 sampai 50 generasi muda kita tiap harinya mati karena narkoba. Kerugian material diperkirakan kurang lebih Rp 63 triliun yang mencakup kerugian akibat belanja narkoba, biaya pengobatan, barang-barang yang dicuri, biaya rehabilitasi, dan lainnya," ungkap Presiden.

Jokowi kemudian menambahkan, para pengedar narkoba kini telah bergerak dan menemukan cara-cara baru untuk mengelabui masyarakat. Anak-anak dan wanita disebutnya sudah mulai dimanfaatkan oleh para pengedar narkoba untuk dijadikan kurir barang haram tersebut. Selain itu, mainan anak, kaki palsu, dan barang-barang yang tidak diduga lainnya kini juga menjadi modus baru dalam penyelendupan narkoba.

Oleh karena itu, Presiden bertekad untuk tidak lagi membiarkan narkoba merusak generasi muda bangsa Indonesia. Dia mendesak aparat keamanan, agar selalu bertindak tegas terhadap kejahatan luar biasa ini.

"Semua itu harus dihentikan, harus dilawan, dan tidak bisa dibiarkan lagi. Kita tegaskan perang melawan narkoba di Indonesia. Saya ingin ingatkan kepada kita semuanya, kejar mereka! Kejar mereka, tangkap mereka, hantam mereka!" tegas Presiden disambut riuh para hadirin.

"Ingat Bapak/Ibu sekalian, 40 sampai 50 generasi muda kita mati karena narkoba. Kalau UU memperbolehkan, 'dor' mereka! Untungnya UU tidak memperbolehkan itu," tambah Presiden yang membuat tepuk tangan hadiri semakin riuh.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bahu-membahu memberantas peredaran narkoba. Kejahatan narkoba yang dibiarkan berlarut-larut disebutnya dapat melemahkan sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Saya ingatkan, semua harus bersinergi. Kita terkadang hanyut dalam runitinas harian kita, padahal kalau ini dibiarkan, bisa melemahkan sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara. Kata-kata sudah tidak diperlukan lagi, kita memerlukan tindakan nyata. Semua perlu bersinergi, mulai dari BNN, Polri, Kementerian/Lembaga, LSM, masyarakat, semua harus betul-betul melakukan langkah-langkah yang terpadu untuk melawan narkonba," ujar Presiden.

Menutup sambutannya, dengan tegas Jokowi menyatakan bahwa negara akan hadir bersama dengan masyarakat dalam usaha pemberantasan narkoba di Tanah Air. Dia bertekad untuk menjadikan Indonesia sebagai negara yang bersih dari peredaran dan perdagangan narkoba.

"Dengan kekuatan dan ketegasan kita bersama, kita kejar para pengedar narkoba. Dimanapun ada narkoba di Indonesia saya perintahkan seluruh sumber daya pemerintah untuk hadir dan memberantasnya. Negara kita Indonesia tidak boleh dijadikan tempat lalu lintas peredaran dan perdagangan narkoba lagi, apalagi menjadi tempat produksi barang-barang haram tersebut," tutupnya dalam rilis Tim Komunikasi Presiden.

Hadir dalam puncak peringatan tersebut mendampingi Presiden dan Ibu Negara Iriana Jokowi diantaranya Menko Polhukam Luhut Pandjaitan, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Kesehatan Nila Moeloek, Kapolri Jenderal Pol Badrodin Haiti dan Kepala BNN Komjen Pol Budi Waseso selaku penyelenggara. [hta/rmol]

Komunitas More Parenting Bekerja Sama Dengan Yayasan Pendidikan Dhinukum Zoltan Gelar Seminar Parenting

Sebelumnya

Sahabat Rakyat: Semangat Hijrah Kebersamaan Menggapai Keberhasilan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Komunitas