post image
KOMENTAR
Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Binjai, menggelar pemeriksaan urine mendadak terhadap para pengemudi bus angkutan umum dalam kota dan antar provinsi, di Terminal Ikan Paus, Kota Binjai, Kamis (30/6).

Dari sekitar 16 sampel urine yang diperiksa petugas, satu diantaranya terbukti positif mengandung narkotika.

Menurut Kepala BNNK Binjai, AKBP Safwan Khayat, sampel urine yang diketahui positif mengandung narkotika itu merupakan sampel urine pengemudi di salah satu perusahaan angkutan umum trayek Medan-Aceh.

Dari hasil pemeriksaan itu, diduga sang pengemudi berinisial A, sempat mengkonsumsi narkotika jenis ganja, sebelum berkendara.

"Setelah kita ketahui sampelnya positif mengandung narkotika, langsung saja kita minta kepada perusahaan angkutan terkait, agar tidak menugaskan si pengemudi untuk sementara waktu," ujar Safwan.

"Sedangkan untuk proses lanjutan, kita akan periksa yang bersangkutan. Apakah tingkat penggunaannya itu masuk kategori berat atau ringan, serta darimana dia memperolah narkotika," imbuhnya.

Terkait kegiatan itu, diakui Safwan, pemeriksaan urine para pengemudi angkutan merupakan bagian dari pelaksanaan Operasi Ramadniya Toba 2016. Dimana menurutnya, kegiatan akan diintesifkan sejak H-3 hingga H+3 Lebaran.

"Tujuan utama kegiatan ini tidak lain demi mengantisipasi kecelakaan lalu lintas, serta menjamin kenyamanan dan keamanan masyarakat, terutama para penumpang bus angkutan umum, dan pengguna kendaraan lain," katanya.

"Alhamdulillah. Pelaksanaan kegiatan kita ini, turut didukung Pemerintah Kota Binjai, Polres Binjai, LSM GMDM (Gerakan Mencegah Daripada Mengobati) Binjai, dan satuan TNI-Polri terdekat," tukas Safwan.

Hanya saja menurutnya, kegiatan tidak melulu berupa pemeriksaan urine terhadap para pengemudi, tetapi juga diwarnai dengan pemeriksaan kondisi bus angkutan umum oleh Dinas Perhubungan Kota Binjai, serta pembagian brosur panduan berlalu lintas oleh Satlantas Polres Binjai.

"Kita tentu berharap, kegiatan ini bisa membantu mengurangi resiko kecelakaan lalu lintas menjelang dan selama Idul Fitri 1437 Hijriah, khususnya dalam menjamin kenyamanan para pemudik," ujar Safwan.

Turutserta dalam kegiatan itu, Kapolres Binjai, AKBP Mohamad Rendra Salipu, Kabid Angkutan Darat Dinas Perhubungan Kota Binjai, Syahri, Kabag Humas Setdako Binjai, Hendrik Tambunan, Kapolsek Binjai Timur, AKP Ngemat Surbakti, dan Ketua LSM GMDM, Damayanti Saragih.[rgu]

LPM dan FKM USU Gelar Edukasi Kesahatan dan Pemberian Paket Covid 19

Sebelumnya

Akhyar: Pagi Tadi Satu Orang Meninggal Lagi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa