Rabu, 13 Juli 2016 , 20:30:00 WIB

Gubsu Desak Pihak Terkait Segera Padamkan Api di Perbukitan Danau Toba

Laporan: Fajar Siddik

Terkait kebakaran yang terjadi pada ratusan hektar kawasan perbukitan Danau Toba, Gubsu Erry Nuradi mendapat perintah dari pemerintah pusat untuk terus melakukan pemantauan.

"Itu juga perintah dari pemerintah pusat agar api tersebut segera dipadamkan. Saya terus memantau perkembangan kebakaran hutan di kawasan perbukitan Danau Toba," katanya.

Mendapat perintah dari pemerintah pusat, Erry kemudian mendesak seluruh kepala daerah di kawasan Danau Toba untuk segera memadamkan api tersebut.

"Kita juga terus berkoordinasi dengan pihak pemerintah di kawasan Danau Toba, juga kepolisian dan TNI. Makanya agar apinya tidak melebar pemerintah di kawasan Danau Toba dapat segera memadamkan api ini," kata Gubsu Erry Nuradi kepada wartawan, Rabu (13/7) di Medan.

Selain mendesak kepala dan pemerintah daerah di kawasan tersebut, Erry juga meminta polisi hutan di setiap Dinas Kehutanan Kabupaten untuk lebih tanggap mengantisipasi kebakaran di kawasan Danau Toba.

"Apalagi saat ini musim panas, tentu para personil Polhut di kawasan Danau Toba bisa lebih tanggap. Jika memang ada yang sengaja membakarnya, pelakunya dapat segera ditangkap dan diproses secara hukum. Kita harus saling koordinasi, dan proaktif memantau titik-titik api itu," katanya.

Erry juga tak lupa mengajak seluruh masyarakat yang tinggal di kawasan Danau Toba agar dapat segera melakukan penyelamatan alam dan hutan di kawasan Danau Toba.

"Semua elemen masyarakat harus bersama menjaga kawasan Danau Toba. Apalagi pemerintah pusat telah memberikan perhatian serius untuk membangun kawasan Danau Toba menjadi salah satu tujuan wisata berkelas dunia," pungkasnya. [sfj]




Comments