post image
KOMENTAR
Sampai hari ini masih ada dua rahasia Presiden Joko Widodo yang belum bisa dibongkar, dan hal itu terkait perombakan kabinet (reshuffle).

Pertama, mengapa presiden tak kunjung melakukan reshuffle atau perombakan kabinet? Kedua, mengapa Menteri BUMN Rini Soemarno seolah sangat kuat dan tidak tergantikan?

Hal tersebut disampaikan analis politik, Ray Rangkuti, saat menjadi pembicara dalam diskusi di kawasan Menteng, Jakarta, Sabtu (23/7).

"Namanya rahasia enggak mungkin saya bisa analisa. Misalkan, Rini Soemarno. Namanya sudah disebut-sebut harus diganti sejak awal pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla. Tapi enggak juga tergantikan. Kenapa ini?" tanya Ray.

Desakan yang paling kental terkait kinerja Rini adalah hasil keputusan DPR RI lewat Panitia Khusus Pelindo II. DPR merekomendasikan agar Presiden Jokowi mencopot Rini dari jabatannya sekarang.

"Namun saat memanggil menteri-menteri kemarin, Rini tidak dipanggil oleh Presiden," kata Ray.

Ray menilai situasi politik tidak bergejolak dan menjadi momentum Jokowi untuk melakukan reshuffle. Tapi PDI Perjuangan bersikeras agar Rini dicopot.

"PDI Perjuangan sepertinya sudah tidak ada ambisi lagi, kecuali soal Rini (harus dicopot), tapi belum tergantikan juga," ucap Ray heran.[sfj/rmol]

Ganjar Pranowo Dilaporkan ke KPK, Apakah Prediksi Fahri Hamzah Terbukti?

Sebelumnya

Apple Kembali Alami Kenaikan Pendapatan, Kecuali di China Raya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Peristiwa