post image
KOMENTAR
Kepala Polri, Jenderal Pol Tito Karnavian, menugaskan Kepala Lemdikpol, Komjen Pol Syafruddin, untuk menangani langsung kerusuhan bernuansa SARA di Tanjung Balai, Sumatera Utara.

"Saya diperintahkan Kapolri untuk turun di Tanjung Balai. Kondisi sudah terkendali dalam 3 jam," kata Syafruddin dalam pesan singkat yang disebarkan ke media, Sabtu (30/7).

Syafruddin mengaku memerintahkan Kapolda Sumut untuk langsung memimpin pemulihan situasi.

"Sebagai mantan Wakapolda Sumut, saya telah melakukan dialog dengan tokoh-tokoh di sana," ujarnya.

Dia menjamin situasi di Tanjung Balai dan keseluruhan Sumatera Utara kondusif.

"Untuk penegakan hukum, saya minta anggota supaya lakukan secara akurat dan tepat. Jangan main asal tangkap," tambah dia.

Dalam pesan itu ia juga menjelaskan bahwa Kapolri tidak dapat turun langsung di lokasi kerusuhan karena sedang bersama Presiden di Nusa Tenggara Barat.

Karena membutuhkan langkah-langkah responsif dan cepat dalam menangani kerusuhan itu, Komjen Pol Syafruddin diperintahkan turun langsung.

Diberitakan bahwa ratusan personil Brimob Polda Sumatera Utara dikerahkan ke Tanjung Balai untuk berjaga-jaga setelah kerusuhan yang menyebabkan sejumlah rumah ibadah vihara di area tersebut dibakar massa.

Pengamanan juga dibantu personil TNI dari Kodim 0208/Asahan dan Pangkalan TNI AL (Lanal) Tanjung Balai.

Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Rina Sari Ginting, seperti dimuat MedanBagus.Com tadi pagi, menyatakan situasi sudah kondusif dan tidak ada lagi konsentrasi massa. Namun demikian, aparat Polri dan TNI akan bersiaga sembari mengupayakan langkah penyelesaian. [hta/rmol]

Komunitas More Parenting Bekerja Sama Dengan Yayasan Pendidikan Dhinukum Zoltan Gelar Seminar Parenting

Sebelumnya

Sahabat Rakyat: Semangat Hijrah Kebersamaan Menggapai Keberhasilan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Komunitas