post image
KOMENTAR
Kementerian Sosial menargetkan pembangunan 60 penjara khusus untuk anak atau Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) pada 2018 nanti.

"Banyak anak berhadapan dengan hukum yang dipenjara di penjara dewasa. Ini perlu jadi perhatian," ujar Mensos Khofifah Indar Parawansa Khofifah di Jakarta, Minggu (31/7).

Meski demikian, dia mengaku terdapat hambatan dalam merealisasikan pemembangun puluhan LPKA. Terutama adalah ketiadaan anggaran dari negara baik APBN Perubahan 2016 ataupun APBN 2017.

Untuk itu, lanjut Khofifah, Kemensos mendorong agar LPKA dapat dibangun melalui sinergi pemerintah pusat dan unsur pemerintah daerah baik di tingkat kabupaten, kota dan propinsi.

"Dalam Rakernas PKSA 2016 kami dorong supaya LPKA dapat dibahas, supaya target mendirikan lembaga pembinaan untuk ABH dapat terlaksana," jelasnya.

Khofifah menambahkan, pemerintah menargetkan hingga Desember 2018 nanti Indonesia sudah bebas dengan anak yang berhadapan dengan hukum yang ada di lapas dewasa.

"Kami membutuhkan dukungan pemkab, pemkot dan pemprov. Syukur kalau dari korporasi-korporasi bisa menyiapkan CSR (corporate social responsibility), LSM dan unsur lainnya agar bisa support," tegasnya. [hta/rmol]

Komunitas More Parenting Bekerja Sama Dengan Yayasan Pendidikan Dhinukum Zoltan Gelar Seminar Parenting

Sebelumnya

Sahabat Rakyat: Semangat Hijrah Kebersamaan Menggapai Keberhasilan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Komunitas