post image
KOMENTAR
Publik media sosial Tanah Air ramai membicarakan Presi­den ke-3 Republik Indonesia, Prof Dr Ing Bacharuddin Jusuf Habibie. Pasalnya, Habibie baru saja meresmikan Rumah Sakit Khusus Ginjal (RSKG) Ny RA Habibie. Tokoh nasional yang memiliki banyak rumah sakit ini mempersilakan orang miskin berobat gratis di RSKG.

Peresmian gedung baru Rumah Sakit Khusus Ginjal (RSKG) Ny RA Habibie dilakukan pada hari Senin (8/8) lalu. Habibie mem­persilakan pasien miskin berobat gratis di rumah sakitnya. "Kalau tidak mampu membiayai, dia dapat (berobat) cuma-cuma. Ya, memang persyaratan gitu. Itu persyaratan dari ibu saya dan yang meneruskan adik kandung saya," ujar Habibie saat peresmian.

Habibie berharap RS Ginjal bisa membantu sumber daya ma­nusia Indonesia agar kesehatan­nya baik, "Juga bisa benar-benar bekerja produktif dan jadi unggul," harapnya.

Habibie menjelaskan, sebenarnya yang mahal dalam proses cuci darah adalah cairannya. RS Ny RA Habibie memiliki teknologi untuk membuat cairan sendiri. Bahkan, pihaknya su­dah membantu beberapa kabupaten yang secara statistik banyak pend­erita gagal ginjal. "Dikasih mesinnya cuma-cuma dan dikasih cairannya, tapi datang ambil di sini."

Dia menambahkan, kalau ada petugas di daerah yang ingin menda­pat pelatihan, rumah sakitnya siap mendidik, "Kita didik di sini. Kalau antar (cairannya, red), kita enggak kuat."

Keluarga Habibie punya dua ru­mah sakit ginjal besar berlokasi di Bandung dan Batam. Rumah sakit ginjal ketiga tengah dibangun di Gorontalo. "Ada juga rumah sakit mata di Bogor. Kita bantu keluarga Indonesia sebagai 'mata air,'" ka­tanya.

Ahli pesawat terbang kebang­gaan Indonesia itu ingin menyum­bangkan karya nyata untuk bangsa ini. Menurut dia, semua orang harus berusaha menjadi 'mata air,' "Kalau setiap keluarga jadi mata air, Indonesia akan semakin tenteram."

Sesepuh Partai Golkar itu menambahkan, jangan menyerahkan se­mua persoalan kepada pemerintah. Karena masyarakat justru bisa lebih kuat jika saling membantu.

RSKG Ny RA Habibie, meru­pakan rumah sakit khusus tipe C dengan pelayanan hemodialisis yang dilengkapi 60 mesin. Rumah sakit berkapasitas 360 pasien ini melayani peserta BPJS sekitar 97 persen. Dengan peresmian gedung baru, RSKG Ny RA Habibie mampu mengoperasikan 100 mesin dengan kapasitas 600 pasien.

Nah, salah satu kiprah Habibie membantu masyarakat di usia tua mendapat apresiasi khalayak neti­zen Tanah Air. Ada ribuan netizen merespons positif kabar ini di jejar­ing sosial Kaskus, Facebook dan Twitter.

Pengguna Kaskus dengan akun dansama, misalnya, menyebut Habibie sosok mulia. "Sungguh mulia perbuatan pak Habibie," katanya.

Akun auliamomo kagum dengan segala yang dilakukan Presiden Indonesia ke-3 itu untuk Indonesia. Dia berharap masyarakat terin­spirasi oleh Pak Habibie. "Luar biasa si bapak jenius ini. Semoga ditiru yang lain dapat membantu sesama."

Akun sedihjomblo mengatakan, program membantu pasien miskin dan pelatihan tenaga medis sangat membantu kebutuhan masyarakat, "Semakin banyak yang terbantu, mudah-mudahan jadi pahala."

Akun 1punk mengatakan, seharusnya yang dilakukan Habibie dapat dilakukan semua orang, termasuk pengguna media sosial. Yakni, membantu orang sekitar yang mem­butuhkan.

"Kita juga harusnya bisa gan, ng­gak perlu ke hal-hal besar kalau kita belum mampu, lakukan hal-hal kecil untuk orang-orang di sekitar kita aja, udah sangat berarti," katanya.

Akun cobra.tonsea juga men­gapresiasi sumbangsih Habibie di bidang kesehatan, "Ane yakin ntar banyak yang terbantu masyarakat miskin. Yang ane bingung, kalau 97 persen layanin BPJS, terus orang miskin gratis, ntar yang gaji dokter dan staf rumah sakit atau klinik siapa gan? Hehe..."

Akun dawolong bilang, kiprah Habibie membantu masyarakat miskin dengan mendirikan banyak rumah sakit merupakan sindiran kepada sejumlah konglomerat di negeri ini.

"Langkah pak Habibie patut dicontoh oleh orang kaya lain­nya. Seperti juga ada dokter yang punya rumah sakit apung... Hanya segelintir yang masih peduli...," tulisnya.

Akun Sniper.v menyampaikan hal senada. Dia berharap para mantan wakil presiden dan mantan presiden tertarik mendirikan rumah sakit atau fasilitas umum, yang juga memberikan pelayanan gratis untuk masyarakat. "Semoga diikutin man­tan presiden dan wapres yang lain," harapnya.

Sedangkan, akun Kaskus10 me­nyindir para mantan pejabat yang belum berkontribusi membantu masyarakat. Padahal, banyak di antara mereka saat menjabat me­nyusahkan rakyat.

Sementara pejabat lain jadi pe­nyedot darah bangsanya sendiri saat menjabat... "Salut pak Habibie. #jan­gankasihkendor," katanya. ***

Inovasi Pemutus Rantai Penularan Tuberculosis Paru Melalui Wadah Berisi Lisol Terintergrasi Startegi Derectly Observed Treatment Shourtcourse (DOTS)

Sebelumnya

Cegah Stunting Melalui Pemberdayaan Masyarakat

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Kesehatan