post image
KOMENTAR
Sebanyak 6 orang finalis ajang pencarian bakat "Zeqita Karo Idol 2016" bertarung untuk memperebutkan 3 unit mobil yang disediakan oleh penyelenggara malam ini, Minggu (21/8).  Keenam finalis tersebut yakni Emma Robintang Hutajulu (Medan), Johanes Sitepu (Medan), Debby Metanoya Singarimbun (Medan), Febiola ginting (Berastagi), Giovan Gidaus Ginting (Medan) dan Widiana F Rumapea (Berastagi).

Juri Zeqita Karo Idol 2016, Ramona Purba mengatakan keenam finalis ini merupakan yang terbaik setelah melalui rangkaian seleksi pada beberapa kota di 5 Kabupaten yang mereka lakukan dalam 8 bulan terakhir. Para finalis tersebut akan "bertarung" dengan membawakan 2 lagu pada final yang digelar di Balai Zeqita, Komplek Perumahan Zeqita Residence di Jalan Jamin Ginting, Medan. Untuk menentukan 3 terbaik, para peserta diwajibkan untuk menaklukkan 3 juri utama yang terdiri dari musisi dan artis Karo seperti Ramona Purba, Anta Prima Ginting, Hera br Ginting dan ditambah dengan dua juri kehormatan yakni Ega Sembiring yang dikhususkan untuk menilai performance peserta dan juri kehormatan Tio Fanta Pinem.

"Mereka akan tampil di panggung spektakuler malam ini dengan membawakan masing-masing 2 lagu," kata Ramona Purba.

Ramona menjelaskan, selama 8 bulan terakhir mereka melakukan rangkaian seleksi dengan total peserta sebanyak 600 orang dari 5 kabupaten tempat audisi seperti Kabupaten Karo, Simalungun, Deli Serdang, Binjai dan Langkat. Pihak Zeqita sendiri akan memberikan kontrak eksklusif pada 10 besar yang dihasilkan dari proses audisi tersebut.

"Ada 10 orang yang akan dikontrak eksklusif termasuk didalamnya 6 orang yang akan berhak memperebutkan 3 unit hadiah utama mobil yang disediakan. Empat orang lainnya yakni Ratnawati br Sitepu (Binjai), Syahdat Surbakti Binjai (Langkat), Andi Roy Ginting (Medan) dan Intan Baiduri (Medan)," sebutnya.

Sementara itu pencetus Zeqita Karo Idol, Indra Tarigan mengatakan tujuannya menggelar kegiatan tersebut yakni untuk lebih mengenalkan lagu-lagu Karo kepada masyarakat luas. Menurutnya saat ini, musisi Karo perlu regenerasi yang lebih banyak untuk lebih mempublikasikan lagu karo.

"Saya selalu berkeinginan agar lagu Karo semakin dikenal, itu saja. Kita ingin lagu Karo tidak hanya dinyanyikan oleh orang Karo melainkan semua kalangan sampai penyanyi profesional," ungkapnya.[rgu]

Pemantapan Sebelum Dipentaskan Diajang Bergengsi, Mantra Bah Tuah Mendulang Dukungan dan Apresiasi

Sebelumnya

Pakat Melayu, Tegaskan Komitmen Jaga Budaya Melayu

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Budaya