Rabu, 24 Agustus 2016 , 18:31:00 WIB

Babinsa Koramil 12/Gebang Beri Pendampingan Pertanian pada Petani di Langkat

Laporan: Putra

Babinsa Koramil 12/Gebang Serda Zainuddin Kodim 0203/Langkat melaksanakan kegiatan pendampingan pertanian kepada Poktan Sekata milik Bapak Suparno. Pendampingan tersebut berupa proses pemupukan tanaman padi jenis Ciherang di Dusun III, Desa Pasiran, Kecamatan Gebang, Kabupaten Langkat.

Pendampingan pertanian tersebut dilakukan dalam rangka ketahanan swasembada pangan jenis tanaman padi Ciherang dengan luas lahan 0,8 Ha, Rabu (24/8).
 
Di sela pendampingan, Serda Zainuddin mengungkapkan bahwa pada waktu pemberian pupuk pada tanaman padi juga memerlukan perhitungan yang tepat.

"Sebagai gambaran adalah melakukan penyebaran pupuk SP36 sesuai dosis ke lahan sawah, satu hari sebelum penanaman bibit," jelasnya.

"Setelah memasuki usia tujuh hari setelah tanam, baru dilakukan penyebaran pupuk urea, sesuaikan kebutuhan. Kemudian berikan juga pupuk KCL. Setelah usia dua puluh hari, lakukan penebaran urea kembali. Dan setelah pada usia tiga puluh hari, lakukan penyebaran urea dan KCL lagi," sambungnya.

Suparno sangat berterima kasih kepada Babinsa yang telah bersedia mendampingi para petani, sehingga dapat menambah pengetahuan para petani di Desa Pasiran .

Beliau berharap dengan kehadiran Babinsa di tengah-tengah petani akan menghasilkan panen sesuai yang diharapkan dan pada akhirnya dapat mendukung suksesnya kegiatan swasembada pangan sesuai harapan pemerintah.[sfj]  



Comments