post image
KOMENTAR
Partai Nasdem menyambut baik rencana Menteri Perdagangan Republik Indonesia Enggartiasto Lukita untuk melakukan revitalisasi pasar tradisional yang ada diseputaran Danau Toba. Koordinator Partai NasDem Wilayah Sumatera Utara, Martin Manurung sangat penting agar masyarakat memiliki pasar yang lebih representatif dan lebih layak guna meningkatkan kesejahteraannya.

"Masyarakat diharapkan untuk mendukung pemerintah daerah Humbang Hasundutan , Toba Samosir, Tapanuli Utara dan Kementrian Perdagangan dalam rencana merevitalisasi pasar tradisional," katanya, Minggu (28/8).

Martin menjelaskan, usulan revitalisasi tersebut berdasarkan berbagai pertimbangan mengenai kelangsungan perekonomian masyarakat di seputar Danau Toba terutama dalam menyikapi kebijakan dari pemerintah pusat yang menjadikan Danau Toba sebagai salah satu destinasi unggulan. Tanpa kondisi pasar yang layak dan representatif, aktivitas perekonomian menurutnya tidak akan berjalan seperti yang diharapkan.

"Pasar menjadi tempat yang layak sebagai pusat aktivitas ekonomi masyarakat, seiring kemajuan pembangunan kawasan Danau Toba sebagai destinasi wisata internasional‎," ujarnya.

Diketahui Menteri Perdagangan Ri Enggartiasto Lukita berencana melakukan revitalisasi pasar tradisional yang ada di seputaran Danau Toba. Hal itu diungkapkannya usai melakukan kunjungan ke Pasar Dolok Sanggul, Humbang Hasundutan, Pasar Balige‎ dan Pasar Lelang Tarutung‎. Dalam kesempatan tersebut ia juga menyarankan, Balairung Balige yang saat ini digunakan menjadi pasar agar dipertahankan fungsi dan bentuknya. Karena, bangunannya memiliki ciri khas dan budaya. Hal itu terlihat dari desain tempat dan terdapat ornamen Batak. Ini berhubungan dengan pembangunan Danau Toba sebagai destinasi wisata.[rgu]

Kemenkeu Bentuk Dana Siaga Untuk Jaga Ketahanan Pangan

Sebelumnya

PTI Sumut Apresiasi Langkah Bulog Beli Gabah Petani

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Ekonomi