post image
KOMENTAR
Dalam rangka mendorong ekonomi rakyat menuju swasembada pangan, Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Buruh, Tani dan Nelayan Mindo Sianipar melakukan kunjungan lapangan ke tiga kabupaten di Sumatera Utara, yaitu kabupaten Toba Samosir, Kabupaten Tapanuli Utara dan Kabupaten Samosir.

Mindo Sianipar berkeinginan mengerakkan dan menghidupkan kembali program-program ekononi kerakyatan yang menjadi salah satu pusat perhatian PDI Perjuangan.

"Saya meminta kepada Kementrian Kelautan dan Perikanan untuk bersama-sama memikirkan untuk mengembalikan Danau Toba menjadi tempat sumber mata pencaharian penduduk lewat tebar benih ikan di Danau Toba, tepatnya di tiga kabupaten yaitu, di Kecamatan Muara Kab Tapanuli Utara, Kecamatan Sigumpar Kabupaten Tobasa dan Kecamatan Onanrunggu Kabupaten Samosir," kata Mindo, saat menebar bibit ikan di Danau Toba, Selasa (30/8).

Dalam tebar benih ikan ini sebagai Ketua DPP PDI Perjuangan bidang Buruh, Tani dan Nelayan  juga didampingi oleh pengurus partai dari tingkat DPC dan Ranting setempat, juga turut serta Pemda setempat dan dari kementrian KKP diwakili Pak Agus dan turut juga Efendy Sianipar anggota DPR Kom IV DPR.

Adapun benih ikan yang ditabur itu masing-masing kabupaten mendapatkan bantuan benih ikan 155.000 ekor benih ikan yang terdiri dari jenis ikan Ihan Batak (5 ribu benih ikan), Ikan Jelawat (50 ribu benih ikan), Ikan Nilem (50 ribu benih ikan) dan Ikan Tawes (50 ribu benih ikan), sesuai dengan rekomendasi LIPI dan Kementrian Kelautan dan Perikanan diharapkan dlm 6 bulan ke depan masyarakat sdh bisa memanen ikan tanpa gunakan  bahan kimia dan arus listrik.

Mindo Sianipar berharap ke depan para Bupati yang berada di seputaran danau toba terkhusus ketiga Bupati yang telah mendapatkan bantuan benih ikan ini juga menjadikan tebar benih ikan ini menjadi program pemerintah daerah karena akan membantu dlm menghidupkan ekonomi masyarakat, menjaga kelangsungan hidup ekosistem di danau toba dan menjaga kelestarian serta panorama danau toba sebagai daerah tujuan wisata.

Disamping program tebar benih ikan ini, Mindo Sianipar juga memfasilitasi penandatanganan MoU antara Petani jagung dan pengusaha yang disaksikan oleh Bupati Taput (Nikson Nababan).

"MoU ini bertujuan utk mengembangkan Taput sebagai daerah penghasil jagung dan memanfaatkan lahan-lahan yang menganggur," ujarnya.

Hal serupa juga dilakukan di Kabupaten Toba Samosir dan Kabupaten Samosir yang dihadiri oleh Bupatinya.  Menurut Mindo Sianipar kenapa MOU ini menjadi penting dihadiri oleh Bupati, karena kepentingan petani juga perlu diback-up agar petani tidak dieksploitasi oleh pengusaha dan iklim investasi terjaga di daerah tersebut karena Bupati lah yang mengfasilitasi.

"Saya berharap agar para Bupati mendukung program-program kerakyatan PDI Perjuangan lewat membangun titik-titik ekonomi rakyat yang riil," demikia Mindo.[rgu/rmol]

Kemenkeu Bentuk Dana Siaga Untuk Jaga Ketahanan Pangan

Sebelumnya

PTI Sumut Apresiasi Langkah Bulog Beli Gabah Petani

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Ekonomi