Sabtu, 10 September 2016 , 16:40:00 WIB

Awasi Peternakan Ternak, Dinas Peternakan Langkat Kembali Lakukan Didak

Laporan: Putra

Dinas peternakan kabupaten Langkat kembali melakukan inspeksi mendadak ke pengumpul hewan yang akan di sembelih saat kurban Idul Adha 1437 H.

Petugas menemukan sejumlah hewan kurban jenis kambing, ditemukan belum layak disembelih dikarenakan belum cukup umur.

Sidak ini di maksudkan untuk melihat kelayakan dan kesehatan hewan yang akan di jadikan kurban pada hari raya Idul Adha nanti.

Dalam sidak kali ini, petugas mendatangi peternakan kambing yang berada di Desa Paya Mabar, Kecamatan Stabat. Di lokasi ini sedikitnya terdapat 400 ekor hewan kurban jenis kambing dan biri biri.

Petugas kemudian memeriksa gigi kambing, untuk melihat usia kambing yang akan dijadikan hewan kurban, serta melihat kesehatan mulut kambing.

Kotoran dari kambing tersebut juga diperiksa oleh petugas, hal itu dilakukan untuk memastikan kambing tersebut mengidap cacingan atau tidak, dan selanjutnya memeriksa suhu tubuh hewan tersebut.

Ditemukannya sejumlah kambing yang belum cukup umur, petugas dari dinas peternakan kabupaten Langkat, menghimbau kepada para pengumpul untuk tidak menjual kambing tersebut saat kurban Idul Adha 1437 H.

Kepala Dinas peternakan kabupaten Langkat Muhammad Tambeng mengakui, dari hasil sidak ini, masih ditemukan kambing yang belum cukup umur.

"Dari hasil sidak ini, ditemukan beberapa kambing yang belum cukup umur dan tidak layak untuk di jadikan hewan kurban tahun ini, sedangkan untuk hewan yang cacingan tidak ada kita temukan," bebernya.

Sidak ini akan terus dilakukan hingga Idul Adha mendatang.

Pihaknya juga menghimbau, bagi warga yang akan berkurban untuk teliti memilih hewan yang akan disembelih pada hari raya Idul Adha nanti. [hta]


Comments