post image
KOMENTAR
Masyarakat Jakarta tidak boleh mudah untuk terjerumus ke dalam hal-hal negatif. Diperlukan forum yang bisa mencegah dan mengendalikan agar hal negatif dalam pertarungan di Pilkada DKI 2017 tidak terjadi.

Begitu dikatakan Ketua Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) DKI Jakarta, Rico Sinaga kepada redaksi, Senin (26/9).

Selain pasangan petahana Basuki Tjahaja Purnama dan Djarot Saiful Hidayat, Pilkada DKI 2017 juga diikuti dua pasangan kandidat lain. Mereka yakni, Anies Baswedan-Sandiaga Uno dan Agus Yudhoyono-Sylviana Murni.

Dikatakan Rico, dinamika di Jakarta sangat cepat dan dinamis. Maka, dibutuhkan antisipasi dan pencegahan sejak dini.

"FKDM menjadi pendingin lingkungan bukan menjadi pemadam. Karena kalau pemadam apa lagi pemadam kebakaran, berarti sudah ada kejadian," terangnya.

Masyarakat, kata Rico, diharapkan meningkatkan segala bentuk kewaspadaan. FKDM akan berupaya membantu sampai di tingkat Kelurahan untuk mengetahui dan mencegah hal-hal negatif yang muncul lebih dini.

"FKDM akan menjadi mata, telinga dan mulut pemerintah, sehingga bila terjadi sesuatu seperti  penyeberan kebencian atau mobilisasit konflik sara, bisa dicegah lebih dulu sebelum kejadian yang tidak diinginkan terjadi," jelasnya.

"FKDM berharap agar seluruh pimpinan Partai dan elit politik tidak saling bertengkar, karena akan berdampak ke masing-masing massanya hingga lapisan terbawah."

FKDM, kata Rico lagi, juga akan memantau perang opini di sosial media. Hal itu guna mencegah memanasnya situasi politik pasca selesainya masa pendaftaran calon.

"Anggota FKDM tidak hanya memonitor dilapangan saja, namun info melalui sosial media maupun media cetak serta elektronik juga dicermati, sehingga jangan ada provokasi-provokasi yang membuat warga menjadi resah," tandasnya. [hta/rmol]

Ganjar Pranowo Dilaporkan ke KPK, Apakah Prediksi Fahri Hamzah Terbukti?

Sebelumnya

Apple Kembali Alami Kenaikan Pendapatan, Kecuali di China Raya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa