post image
KOMENTAR
Ratusan pengungsi Sinabung berunjuk rasa ke DPRD Sumatera Utara di Jalan Imam Bonjol, Medan, Selasa (4/10). Aksi unjuk rasa yang mereka lakukan berkaitan dengan ketidakjelasan relokasi mereka ke desa yang disediakan oleh pemerintah.

"Sudah 6 tahun kami tinggal ditenda, kami minta hak untuk relokasi," teriak koordinator aksi, Saddam saat berorasi.

Saddam mengatakan saat ini Pemkab Karo tidak mampu menyelesaikan persoalan pengungsi yang terus menderita selama 6 tahun ini, khususnya masyarakat yang berasal dari daerah zona bahaya.

"Masih sebagian kecil yang mampu ditangani oleh Pemkab Karo. Sementara masih banyak masyarakat yang kehilangan rumah dan mata pencaharian serta anak-anak masih banyak yang putus sekolah. Melihat kondisi itu kami menganggap bahwa pemerintah daerah kurang tanggap kepada pengungsi," ujarnya.

Pengunjuk rasa mendesak agar Gubernur Sumut serta DPRD Sumut harus mampu dalam menyelesaian persoalan tersebut untuk mengurangi beban masyarat Karo yang menjadi korban dari erupsi Gunung Sinabung tersebut.

"Kami meminta percepat relokasi tahap III , pembebasan lahan produksi, menuntut penanganan pengungsi yang tidak masuk kouta sejumlah 163 KK, pemkab Karo harus bertanggung jawab serta pemerintah harus perhatikan khusus untuk pendidikan anak pengungsi," pungkasnya.[rgu]

LPM dan FKM USU Gelar Edukasi Kesahatan dan Pemberian Paket Covid 19

Sebelumnya

Akhyar: Pagi Tadi Satu Orang Meninggal Lagi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa