Selasa, 11 Oktober 2016 , 08:41:00 WIB

Puluhan Ribu Orang Padati Festival Budaya dan Kulinari Indonesia di Boston

Puluhan area New England Indonesian Festival (NEIF) 2016 di jantung kota Boston, Copley Square dipadati puluhan ribu pengunjung yang datang menikmati beragam kulinari khas Indonesia dan menyaksikan secara langsung suguhan tarian dan musik tradisional Indonesia. 

Acara NEIF 2016 merupakan ajang festival kebudayaan dan kulinari Indonesia tahunan dan terbesar yang pernah diadakan di New England, kawasan pantai timur Amerika Serikat dengan cakupan 6 negara bagian yaitu Massachusetts, New Hampshire, Connecticut, Rhode Island, Maine, dan Vermont.

Acara yang diselenggarakan oleh Permias Massachusetts, New England Indonesian Community Inc. (ICONE, Inc.) dan Project Push Pin ini telah berlangsung empat kali.

Presiden dari Permias Massachusetts (organisasi Persatuan Mahasiswa Indonesia di Massachussets), Emanuel Rio Atmadja menjelaskan, NEIF 2016 ini dikemas apik dan menarik bersama dengan para sukarelawan, pekerja seni dan pengusaha makanan Indonesia yang berasal dari Massachusetts, Maryland, Philadelphia, New York dan Illinois.

Adapun konsep acara adalah "Our-chipelago yang menonjolkan keindahan alam dan kekayaan budaya serta kulinari dari 6 pulau utama Indonesia

"Kami ingin memperlihatkan kepada masyarakat Amerika Serikat disini bahwa walaupun Indonesia terdiri dari banyak pulau dan multicultural society, persatuan dalam keberagaman inilah yang membuat Indonesia bisa unggul dan berbeda dari negara lainnya," jelas Rio seperti tertulis dalam surat elektronik yang dikirimkan ke redaksi, Senin (10/10).

Acara yang berlangsung akhir pekan lalu itu, menurut Co-Founder & President dari ICONE, Inc, Olla Chas, tidak hanya sekedar untuk memperkenalkan kebhinekaan Indonesia kepada masyarakat Amerika, tetapi juga untuk meningkatkan kesadaran nasionalisme warga diaspora di Amerika akan Indonesia yang sedang bertransisi menuju kemajuan ekonomi dan demokrasi modern.

"Kegiatan ini juga diharapkan mampu menghasilkan sinergi positif baik sesama diaspora Indonesia di Amerika maupun antara warga Indonesia dan Amerika di Boston secara khususnya," terang dia.

ICONE, Inc, sendiri merupakan sebuah organisasi nirlaba berbasis sukarelawan yang menaungi beragam kegiatan kemasyarakatan Indonesia-Amerika dan promosi seni budaya Indonesia di kawasan New England, Amerika Serikat. Acara sendiri dibuka oleh Consul General RI yang baru, Abdul Kadir Jailani.

Untuk diketahui, IndoFest 2016 menyuguhkan beragam kesenian Indonesia seperti tarian dari daerah Betawi, Lampung, Jawa dan Kalimantan yang dibawakan oleh Nusantara Kreasindo, sanggar tari Indonesia asal New Hampshire, alunan gamelan dan kecapi yang dibawakan oleh Indonesian Dance of Illinois serta peragaan musik tradisional angklung.

Beragam masakan dan hidangan penutup khas Indonesia juga habis terjual memenuhi kerinduan kulinari diaspora Indonesia, serta keingintahuan masyarakat lokal Boston akan keunikan dan kekayaan rasa makanan-makanan Indonesia. NEIF 2016 juga dimeriahkan oleh peragaan busana daerah, permainan tradisional Indonesia, Batik workshop, serta suguhan live music performance dari beberapa band lokal. [hta/rmol]


 


Comments