Selasa, 18 Oktober 2016 , 12:16:00 WIB

Puluhan Warga Keracunan di Deli Serdang, 1 Orang Meninggal Dunia

Laporan: Robedo Gusti

Seorang warga meninggal dunia dan puluhan lainnya dilarikan ke rumah sakit akibat keracunan makanan di Dusun Sri Mulya B, Desa Sumber Rejo, Kabupaten Deli Serdang. Korban meninggal atas nama Misriani (40) yang merupakan warga desa Sumber Rejo. Para korban diduga mengalami keracunan saat menyantap makanan pada salah satu hajatan warga pada Sabtu (15/10) lalu.

"Saat itu, ada hajatan yang dilaksanakan oleh salah seorang warga setempat yang ada disana. Yang punya hajatan kemudian mengundang warga setempat," kata Kapolres Deli Serdang, AKBP Robert Da Costa, Selasa (18/10).

Setelah acara selesai, para undangan membawa sebagian makanan dari tempat hajatan itu. Warga kemudian menikmati makanan yang dibawa pulang.

"Keesokan harinya, warga yang menikmati makanan yang dibawa pulang itu kemudian mengalami sakit perut. Namun, tidak segera ke puskesmas, hanya meminum obat yang dibeli dari warung," ujar Robert.

Kondisi salah seorang korban memburuk pada Senin (17/10) siang, dan langsung dilarikan ke RS Grand Medistra Lubuk Pakam. Namun setelah dirawat selama 5 jam, korban kemudian meninggal dunia.

‎"Korban meninggal dunia bernama Misriani (40)," sebut Robert.

Selain korban meninggal dunia, 36 warga lainnya juga dilarikan ke beberapa rumah sakit seperti RSUD Lubuk Pakam, RS Sari Mutiara Lubuk Pakam dan Puskesmas Pagar Merbau.

"Rinciannya, 13 orang diopname di Rumah Sakit Daerah Lubuk Pakam‎, 21 orang warga diopname di Rumah Sakit Sari Mutiara Lubuk Pakam dan ‎2 orang di opname di Puskesmas Pagar Merbau," ujarnya.

Sejauh ini pihak kepolisian sudah melakukan rangkaian penyelidikan termasuk mengambil sampel makanan yang dihidangkan saat hajatan tersebut. Penyelidikan terhadap jenazah korban menurutnya tidak dilakukan karena pihak keluarga keberatan dilakukan otopsi.

"Kita meminta kepada keluarga yang meninggal dunia untuk dilakukan autopsi, namun pihak keluarga keberatan sehingga dibuat surat pernyataan terkait hal itu. Kita juga sedang memintai keterangan kepada yang punya hajatan," demikian Robert.[rgu]



Comments