post image
KOMENTAR
Kurang dari 20 hari jelang pemilihan presiden Amerika Serikat, capres Partai Republik Donald Trump membeber­kan program 100 harinya jika terpilih sebagai presiden.Dalam pidatonya di Gettysburg, Pennsylvania, Sabtu (22/10), Trump berjanji akan mencip­takan 25 juta lowongan kerja baru dan memotong pajak bagi kalangan menengah ke atas.

Agenda 100 hari pertama jadi presiden itu diberi nama "100-day action plan to Make America Great Again (Rencana aksi 100 hari membuat Amerika besar lagi)."

Pengumuman Trump dengan meniru jejak Abraham Lincoln itu terinspirasi sosok Lincoln selama perang saudara melanda AS.

"Ini waktu seperti yang kita belum pernah lihat sebelumnya," ujar taipan kasino itu.

"Membantu menyembuhkan perpecahan kita," lanjutnya.

Dalam 17 hari ke depan, Trump dan rivalnya dari Demokray, Hillary Clinton, akan bertarung merebutkan posisi AS 1. Kini keduanya berkampanye untuk merebut perhatian pemilih di Pennsylvania, salah satu wilayah dengan swing voters atau pemi­lih mengambang yang besar.

"Perubahan harus datang dari luar sistem kita yang sangat bo­brok. AS harus melihat contoh masa lalu di mana Abraham Lincoln mampu menyatukan per­bedaan yang tajam. Kampanye kami mewakili perubahan yang hanya terjadi sekali dalam seumur hidup itu," ucap Trump.

Gettysburg dikenal seba­gai tempat di mana Abraham Lincoln menyampaikan pidato kunci untuk menyatukan Negeri Paman Sam. Selama 45 menit, Donald Trump menyampaikan pidato yang telah disiapkan sebelumnya demi meraih suara dari pemilih mengambang.

"Kita sekarang berada di per­simpangan jalan yang sangat penting. Apakah kita akan mengulang kesalahan di masa lalu atau memilih untuk yakin pada masa depan yang hebat? Saya pikir kita memilih alternatif kedua. Saya tahu bagaimana melakukannya," lanjut Trump.

Trunp juga bertekad akan mendeportasi lebih dari 2 juta imigran ilegal dan kriminal serta menolak visa dari negara-negara di mana banyak orang yang mencari suaka.

"Saya juga berencana mengusir lebih dari 2 juta penduduk ilegal dan para kriminal. Saya berjanji itu," lanjutnya.

Trump juga berjanji melindungi pekerja Amerika. Dia siap menarik diri keanggotaan ASdari Trans-Pacific Partnership, sebuah kesepakatan perdagangan kontroversial yang belum dirati­fikasi oleh AS.

Terobosan lainnya, Trump akan memerintahkan Menteri Keuangan AS untuk "melabeli" China sebagai manipulator mata uang.

"Membatalkan pembayaran miliaran untuk program pe­rubahan iklim PBB. Ini semua hanya membuat kita merugi," imbuhnya. [hta/rmol]
 

Ganjar Pranowo Dilaporkan ke KPK, Apakah Prediksi Fahri Hamzah Terbukti?

Sebelumnya

Apple Kembali Alami Kenaikan Pendapatan, Kecuali di China Raya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa