post image
KOMENTAR
Secara bentuk, mobil ini belumlah sempurna seperti mobil dari Asemka. Meski demikian ide kreatif untuk membuat mobil mini patut di apresiasi. Apalagi, mobil mini ciptaan Kartolo Purba dari Huta Raja, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, yang dipamerkan pada hari ini Sabtu (3/12) di event Pesta Hiburan Rakyat Parsaranan Na Bujur di Rest Area Kecamatan Purba mendapat sinyal positif dari Bupati Simalungun, JR Saragih.

Dalam kesempatan tersebut, JR Saragih, memberikan apresiasi dan rasa salutnya atas kreativitas yang dimiliki Kartolo Purba. Memang harus banyak disempurnakan seperti sistem transmisi, bentuk, hingga posisi mesin dan lampu dari kendaraan tersebut.

Yang patut diapresiasi, kata JR Saragih adalah kreativitasnya. Dari mesin sepeda motor bekas, mampu dimodifikasi menyerupai mobil. Untuk itu, Bupati Simalungun ini pun berharap mobil kreasi dari penduduk asli Simalungun ini mampu dimanfaatkan dan dimaksimalkan untuk kepentingan masyarakat.

Guna memperbaiki dan atau memodifikasi bentuk kendaraan tersebut agar lebih bagus dan fungsional, JR Saragih pada kesempatan itu memberikan donasi pembinaan karya terbaik sebesar Rp 10 juta. "Donasi yersebut untuk perbaikan ide kreatif si pencipta mobil ini. Dan, saya akan pantau dan lihat lagi perkembangan modifikasi setelah ini," ucap JR Saragih ke Kartolo.

Sementara itu, Kartolo Purba, kreator mobil mini mengatakan, ide untuk menciptakan mobil ini terinspirasi untuk membuat becak motor untuk keperluan mengangkut barang dan hasil panen dari perkebunan serta pertanian. Alhasil, terciptalah kendaraan seperti ini, mobil mini.

Dijelaskan oleh Kartolo Purba, proses modifikasi mobil mini membutuhkan waktu sekitar dua bulan dan menghabiskan biaya Rp 3.3 juta. Mobil mini ini dulu (awal pembuatan) menggunakan mesin kendaraan cup tahun 1970. Setelah baknya keropos terinspirasilah membuat becak.

Setelah becak ciptaannya sudah tidak lagi mampu mengangkut beban, dibuatlah kendaraan empat roda seperti ini. "Sekarang, mobil mini ini mnggunakan mesin dari motor Honda Kharisma 125 CC dengan transmisi manual yangbdigerakan oleh rantai. Kemudian untuk rodanya menggunakan ban Vespa," tutup Kartolo.[rgu]

LPM dan FKM USU Gelar Edukasi Kesahatan dan Pemberian Paket Covid 19

Sebelumnya

Akhyar: Pagi Tadi Satu Orang Meninggal Lagi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa