post image
KOMENTAR
Tugu Barus yang merupakan monumen leluhur Merga Barus di Desa Tanjung Muda, Kecamatan STM Hulu, Deli Serdang segera didirikan.

Pendirian ini segera dilaksanakan setelah acara pelelangan pengumpulan dana pendirian Tugu Barus di Tanjang Muda tersebut berlangsung sukses, Sabtu (3/12).

"Tugu Barus ini didirikan untuk mengenang leluhur Merga Barus dari Tanjung Muda. Barang kali sekarang belum terasa tetapi di waktu yang akan datang, tugu ini akan bermanfaat bagi anak cucu Merga Barus di seluruh penjuru dunia dalam mengetahui asal mula leluhurnya," ungkap Adven Barus, salah seorang panitia.

Pemangku Adat/ Raja Urung Senembah, Wan Chaidir Barus, menyatakan salut dan sangat mengapresiasi rencana pendirian oleh Barus asal Tanjung Muda ini.

"Kekayaan budaya kita perlu didokumentasikan melalui berbagai hal, salah satunya pendirian tugu, ini adalah wujud nyata. Sebagai pemangku adat, saya mendukung sepenuhnya, bangsa yang besar adalah bangsa yang tak melupakan akar sejarah dan budanyanya," ujarnya.

Lelang pengumpulan dana ini dihadiri oleh sekitar seribu masyarakat adat yang terdiri dari Merga Barus, Kalimbubu dan Anak Beru dari berbagai daerah.[sfj]

Pemantapan Sebelum Dipentaskan Diajang Bergengsi, Mantra Bah Tuah Mendulang Dukungan dan Apresiasi

Sebelumnya

Pakat Melayu, Tegaskan Komitmen Jaga Budaya Melayu

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Budaya