Minggu, 11 Desember 2016 , 16:50:00 WIB

Ratusan Ribu Massa Rayakan Pemakzulan Presiden Park

MBC.  Ratusan ribu massa anti pemerintahan turun ke jalanan di ibukota Seoul Korea Selatan akhir pekan ini untuk merayakan keputusan pemakzulan presiden Park Geun Hye oleh parlemen.

Mereka membawa serta spanduk serta lilin sambir menyerukan dengan tegas agar Presiden Park segera mundur dari jabatannya.

"Kami menuntut agar Mahkamah Konstitusi membuat keputusan hati nurani dan keadilan dan tidak bertindak melawan kehendak rakyat," kata salah satu penyelanggaran aksi tersebut.

Diketahui bahwa mayoritas anggota parlemen, termasuk dari Partai Saenuri di mana Park bernaung, memilih untuk memakzulkan Park di tengah skandal korupsi dan campur tangan orang luar dalam pengambilan keputusan Park.

Pasca Park terpilih menjadi Presiden di tahun 2013, kerabat dekat Park, Choi Soon-sil menggunakan kedekatannya dengan Presiden untuk menekan perusahaan demi menyumbang ke yayasan yang dikendalikannya dan kemudian menyedot dana untuk kepentingan pribadi.

Jaksa mengatakan bahwa Park memiliki peran yang cukup dalam dugaan korupsi tersebut.

Setelah keputusan pemakzulan dibuat oleh parlemen, maka keputusan itu masih harus melalui proses di Mahkamah Konstitusi selama maksimal 180 hari. Selama itu, kekuasaan presiden ditarik dari Park dan dijalankan sementara oleh Perdana Menteri Hwang Kyo-ahn. [hta/rmol]
 


Comments