post image
KOMENTAR
Kementerian pertanian mengapresiasi seluruh perusahaan perkebunan yang selalu menaati aturan mengenai sistem perkebunan kelapa sawit yang peduli lingkungan. Hal ini disampaikan Dirjen Perkebunan Kementerian Pertanian Ir Bambang, dalam acara penyerahan sertifikat Indonesian Sustainable Palm Oil (ISPO) dan Peringatan Hari Perkebunan Nasional di Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS), Jalan Brigjend Katamso, Medan, Sabtu (10/12).

"Pemerintah sangat peduli terhadap keberlangsungan iklim investasi, khususnya di bidang pertanian dan perkebunan. Dengan ISPO saya berharap, perusahaan-perusahaan yang telah mendapatkannya untuk lebih meningkatkan kinerjanya dan produktifitasnya. Namun, jangan lupa juga untuk komitmen menjalankan program CSR-nya, '' katanya.

Hadir dalam kesempatan tersebut Gubernur Sumatera Utara, H T Erry Nuradi, Wakil Walikota Medan Ir Akhyar Nasution, Diretur PT Raya Padang Langkat (Rapala) Ir Syafril, pejabat dari PTPN IV, Penyelenggara sertifikasi ISPO dan Komisi ISPO serta perusahaan-perusahaan perkebunan swasta.

Bambang menjelaskan, sertifikasi ISPO merupakan kebijakan yang diambil pemerintah untuk meningkatkan daya saing minyak sawit Indonesia di pasar dunia. Dan ikut partisipasi untuk mengurangi gas rumah kaca serta memberi perhatian terhadap masalah lingkungan.

"Artinya kita tidak lagi bisa hanya memikirkan peningkatan produksi tanpa memperhatikan lingkungan. Sebab, kondisi lingkungan menjadi salah satu penilaian dari dunia internasional apakah sawit kita layak diterima di pasar dunia atau tidak," ujarnya.

Dalam rangkaian acara tersebut, Elis Simamora dari PT Tuv Nord selaku lembaga sertifikasi Kementerian Pertanian RI menyerahkan sertifikat ISPO kepada Direktur PT Rapala Ir Syafril. Dalam sertifikat tersebut disebutkan PT Rapala telah memenuhi Peraturan Menteri Pertanian Nomor 19/permentan/OT.140/3/2011 tentang Pedoman Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan Indonesia Melalui Skema Penilaian Sertifikasi Mutu.

"PT Rapala berbangga mampu mendapatkan ISPO. Ini menjadi bukti nyata perusahaan ini ikut serta mendukung kebijakan pemerintah dalam peningkatan produktifitas minyak sawit dalam pasar dunia dan punya kepedulian dalam lingkungan hidup," ujar Safril.

Sertifikasi ISPO merupakan tonggak sejarah penting dalam keberlangsungan perusahaan perkebunan. ISPO memberi kepastian bagi relasi dan pemangku kebijakan sehubungan dengan legalitas dan pemenuhan persyaratan untuk pabrik, perkebunan dan rantai pasok perusahaan dengan tetap memperhatikan keberlangsungan lingkungan hidup.[rgu]

Kemenkeu Bentuk Dana Siaga Untuk Jaga Ketahanan Pangan

Sebelumnya

PTI Sumut Apresiasi Langkah Bulog Beli Gabah Petani

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Ekonomi