www.jrsaragih.com


Senin, 19 Desember 2016 , 08:53:00 WIB

Nenek Moyangku, Pelaut Atau Highlander?

Oleh: Gagarin Sembiring
Nyatanya Indonesia kini dikenal terletak di gugusan cincin api dunia atau yang dikenal dengan ring of fire.

Ring of fire ini adalah tempat berkumpulnya sejumlah gunung api aktif di dunia. Terakhir tercatat 127 gunung api aktif tersebar di seluruh kepulauan Indonesia yang dilalui oleh ring of fire tersebut yang dibagi dalam tipe A sebanyak 77 gunungapi, tipe B sebanyak 29 gunung api dan tipe C sebanyak 21 gunung api.

Negara masih memberi prioritas pemantauan gunungapi terhadap tipe A ini.
Kehadiran ring of fire ini tidak lepas akibat Indonesia berada diantara dinamika pertemuan tiga  lempeng besar didunia yaitu Lempeng Samudra Hindia- Australia, Lempeng Benua Eurasia dan Lempeng Samudera Pasifik.

Di samping itu, Indonesia juga memang selalu kita banggakan sebagai negara kepulauan yang diapit dua Samudera besar di dunia, yaitu Samudera Hindia dan Samudera Pasifik serta dilalui pula oleh ekuator dengn segala potensi yangg luar biasa juga.

Keberadaan Manusia Indonesia dari kedua sisi ini saja , geologi dan geografisnya, masih banyak menyimpan misteri. Kita belum tau banyak seperti apa manusia Indonesia setelah Supervolkano Toba meletus, misalnya. Begitu juga dampak-dampak letusan lain yang berkelas dunia seperti Tambora dan Krakatau terhadap manusia Indonesia kita.

Di samping itu, banyak sekali peristiwa letusan gunung api kita tidak tercatat, yang dimasukkan ke dalam gunung api aktif Tipe B, yaitu yg tidak tercatat kegiatannya sejak tahun1600.

Ini yang terjadi pada Gunung Sinabung, karena letusan 2010 lalu jadi naik kelas menjadi tipe A, yang sebelumnya tipe B.  Melihat penyebaran produk letusan gunung api yang tersebar di seluruh Indonesia ini, intuisiku mengatakan suatu masa di masa dulu (once upon a time) pernah terjadi 'pesta' letusan gunung api sepanjang ring of fire di kawasan Indonesia ini. Sekarang tinggal kita nikmati jejaknya sebagai kesuburan, kesejukan dan kemakmuran. Di samping terkuburnya peninggalan peradaban masa lalu kita oleh debu volkanik tersebut.

Sampai di sini dulu, dan sementara aku berpikir kita bangsa Indonedia ini adalah Highlander.

#Penulis adalah ahli geologi asal Sumatera Utara




Comments