post image
KOMENTAR
Tim arung jeram Mapala UMSU Medan menduduki peringkat kedua dalam Kejuaraan Arung Jeram Alas Leuser di Ketambe, Aceh Tenggara, 27-31 Desember ini. Tim itu menyisihkan sembilan kontestan lainnya, di bawah tuan rumah, Mapala Universitas Gunung Leuser.

"Ini adalah pengarungan kami yang kedua di sungai Alas. Secara umum kesulitannya sama dengan kejuaraan-kejuaraan lain yang pernah kami ikuti, bedanya kami harus menyesuaikan diri dengan cepat untuk memahami jeram yang benar-benar baru bagi kami," ujar Primayanka Balqis, ketua tim junior Mapala UMSU dari Ketambe.

Kejuaraan itu diikuti 11 regu senior dan junior baik dari Aceh maupun Sumatera Utara. Panitia memperlombakan lima nomor masing-masing sprint race, slalom race, head to head dan down river race.

Di kelompok junior, kelompok untuk usia di bawah 23 tahun, Balqis dan kawan-kawan melahap seluruh nomor lomba dengan torehan point terbaik. Pada lomba terakhir, nomor down river race yang digelar Jumat (30/12) siang tadi, Mapala UMSU membukukan waktu tercepat kedua 11 menit 50 detik. Hanya terpaut tujuh detik di bawah pemuncak klasemen dengan catatan waktu 11 menit 43 detik.

Meski sebenarnya sekarang musim hujan mengguyur kawasan hulu sungai Alas, debit air sungai masih cukup layak untuk pengarungan. 

Dalam istilah arung jeram atau rafting, ada enam tingkatan kesulitan pengarungan. Level satu adalah ukuran untuk sungai berarus landai, sedangkan enam atau yang tersulit adalah sungai dengan jeram jeram-jeram besar, deras dan tinggi. Sungai Alas sendiri berada antara level 3 hingga 4+.[rgu]

Juara Bertahan Liverpool Tersingkir Dari Liga Champion

Sebelumnya

Menang Tipis Dari KKBO Langkat United Jadi Modal PSMS Medan Jelang Laga Perdana Liga 2 Indonesia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Olahraga