post image
KOMENTAR
Bupati Simalungun, JR Saragih, pada hari ini Selasa (17/01/2017) mendapat sambutan hangat dari pimpinan tertinggi dan jemaat Gereja Huria Kristen Indonesia (HKI) dalam acara Ibadah Syukuran Tahun Baru 2017 dan Pencanangan Tahun Bapak di Kantor Pusat HKI, Kota Pematangsiantar.

Ephorus Gereja HKI, Pendeta M. Pahala Hutabarat menyatakan, bahwa segenap seluruh pimpinan tertinggi dan jemaat Gereja HKI mendoakan JR Saragih agar selalu diberikan kesehatan dan selalu dalam lindungan Tuhan dalam menjalankan tugasnya memberikan pelayanan yang terbaik serta menjadi Garam dan Terang di tengah-tengah masyarakat.

Ephorus M Pahala pun menegaskan, mengawali tahun baru 2017, Gereja HKI mencanangkan sebagai Tahun Bapak. Pencanangan Tahun Bapak ini diharapkan peduli tentang kehidupan kaum Bapak kedepannya dalam hal bertanggung jawab di tengah-tengah keluarga, masyarakat dan bangsa.

"Dan tema ini, berawal dari visi dan misi HKI agar menjadi yang kuat dalam iman, misioner, modern dan berdedikasi. Tak hanya itu, kami melihat situasi pada akhir-akhir ini tanggung jawab seoran Bapak sebagai kepala keluarga semakin menurun. Jika peran Bapak sudah kuat, maka tahun depannya disusul dengan pencanangan tahun anak," ungkap Ephorus M Pahala.

Sementara itu, JR Saragih, mengaku sangat tersanjung dengan didoakannya dirinya oleh pimpinan tertinggi dan jemaat Gereja HKI. Untuk itu, ia berharap akan semakin dapat memberikan pelayanan terbaiknya kepada masyarakat.

"Dengan acara ini, saya yakin pula akan disuarakan juga di Gereja yang lainnya, khususnya yang di HKI di seluruh Kabupaten Simalungun dan Kota Pematangsiantar. Dengan doa ini, Pemerintah Kabupaten Simalungun akan jauh lebih baik lagi dalam hal pelayanan dibanding tahun-tahun sebelumnya," tambah JR Saragih.

JR Saragih pun berharap, agar Gereja HKI dapat bekerjasama dengan seluruh perangkat kerjanya, mulai dari SKPD hingga perangkat Nagori dalam memberikan pelayanan masyarakat. "Untuk memulai niat baik ini, kami atas nama Pemerintah Kabupaten Simalungun akan mendonasikan dana sebesar Rp200 juta sebagai dana operasional untuk meningkatkan pelayanan Gereja ke masyarakat," terangnya.

Usai acara di kantor pusat Gereja HKI Kota Pematangsiantar, JR Saragih beserta rombongan SKPD langsung bergerak melakukan kegiatan sosial di Nagori Marubun Jaya, Kecamatan Tanah Jawa, Kabupaten Simalungun.

Di Nagori Marubun Jaya ini, JR Saragih berpesan kepada seluruh warganya bahwasannya Pemerintah Kabupaten Simalungun akan terus memberikan pelayanan terbaik, melindungi ekonomi dan menjaga kesehatan warganya secara maksimal.

Untuk itu, dalam perbaikan dan pencapaian kesamaan ekonomi dalam memperoleh harga sembilan bahan pokok (sembako) pihaknya menggelar pasar murah di Nagori tersebut. Pada hari ini, Pemerintah Kabupaten Simalungun membagikan 1.200 paket sembako dengan harga jual hanya Rp12.00.

Dalam paket sembako itu berisikan satu liter minyak sayur dan satu kilo gram gula pasir. "Pemerintah Kabupaten Simalungun di tahun 2017 ini akan menjual sembako murah sebanyak 50 rb paket untuk seluruh Nagori. Jika memang dirasa kurang, pihaknya akan menambahkannya lagi. Upaya ini untuk menjaga hak warga dalam memenuhi kebutuhan Sembako dengan harga murah dan terjangkau," ungkap Bupati Sumalungun.

Pada kesempatan itu pula, JR Saragih memberikan jaminan kebutuhan kesehatan kepada seluruh warganya. Untuk itu, Pemkab Simalungun di tahun 2017 ini telah meresmikan penambahan 12 Puskesmas baru di seluruh wilayahnya.

"Hingga tahun 2016, Pemkab Simalungun memiliki 34 Puskesmas yang tersebar di 31 Kecamatan. Sekarang, di tahun 2017 Pemkab Simalungun telah memiliki total 46 Puskesmas. Dan, untuk 12 Puskesmas baru ini beroperasional 24 jam, semua pengobatan gratis. Dan, masing-masing Puskesmas dilengkapi dengan mobil ambulans," tambah JR Saragih.

Dihadapan para warganya, JR Saragih menegaskan, jika memang warganya ada yang mau menghibahkan tanah untuk pembangunan Puskemas baru, Pemkab Simalungun akan langsung merespon dengan langsung membangunnya saat itu juga.

"Jika ada warga yang menghibahkan tanahnya untuk Puskesmas, maka esok harinya kami akan langsung membangunnya. Kami siapkan dana Rp1 miliar untuk pembangunan puskemas baru. Kami sadar, Simalungun terlalu luas dan kesehatan terkesan mahal. Untuk itu, demi menjaga hak kesehatan warga, kami siap terus membangun Puskesmas agar lebih dekat lagi dengan masyarakat," tandas JR Saragih, Bupati Simalungun.

Sementara itu, Maringan Turnip, warga Nagori Marubun Jaya menjelaskan sangat mengapresiasi upaya JR Saragih dalam memberikan pelayanan terbaiknya di segala bidang, baik itu infrastruktur, kesehatan dan lainnya.

Dan ini, kata Maringan Turnip nyata adanya. Ia membuktikan sekarang di Nagorinya sudah ada dua puskesmas. Tentu ini sangat membantu dalam hal mendapatkan pelayanan kesehatan. Maringan pun tidak menutup mata, jika Simalungun memang terlalu luas. Dan, tidak semua seluruh permasalahan infrastruktur dapat ditangani seluruhnya di tahun ini.

"Tapi, JR Saragih telah membuktikan mampu membangun infrastruktur secara berkala dan berkelanjutan berdasarkan prioritas. Untuk itu, mari kita dukung JR Saragih untuk dapat memimpin dan berkiprah lebih luas lagi di Sumatera Utara dengan semangat barunya," ajak Maringan ke warga lainnya.[rgu]

Ganjar Pranowo Dilaporkan ke KPK, Apakah Prediksi Fahri Hamzah Terbukti?

Sebelumnya

Apple Kembali Alami Kenaikan Pendapatan, Kecuali di China Raya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa