post image
KOMENTAR
Rangkaian kegiatan pra Hari Pers Nasional (HPN) 2017 kembali dilakukan di Provinsi Maluku, sebagai tuan rumah HPN 2017. Kali ini, panitia HPN 2017 menyelenggarakan Latihan Kepemimpinan Dasar (LDK) bagi siswa SMA se Provinsi Maluku bertajuk "Creativeleadership" Menuju Masa Depan Maluku Yang Gemilang.

Kegiatan ini dihadiri oleh 500 siswa SMA se Provinsi Maluku di Aula Rektorat Universitas Pattimura, Ambon, Sabtu, (21/1).  Panitia HPN 2017 kembali mendatangkan motivator nasional Hery Margono dan pengusaha muda Witjaksono yang sukses di bidang perikanan. Selama satu hari, para peserta ini akan dibekali pengetahuan tentang bagaimana membangun jiwa kepemimpinan dan jiwa kewirausahaan agar bisa menjadi generasi muda yang berkualitas demi pembangunan Maluku.

"Latihan dasar kepemimpinan ini bukan sekedar seremonial belaka. Tapi harus menjadi sebuah komitmen pelajar sebagai generasi muda yang berkualitas untuk menghadapi problem di masa depan," kata Gubernur Maluku Said Assagaf dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan
Daerah (Bappeda) Provinsi Maluku, Anthonius Sihaloho.

Latihan dasar kepemimpinan ini, menurut Gubernur Maluku sangat dibutuhkan untuk menjadi tameng bagi para pelajar dalam menghadapi gempuran ideologis yang dapat meruntuhkan idealism pelajar dalam membangun bangsa. Pemerintah Provinsi Maluku berupaya keras menggunakan berbagai metode untuk melahirkan generasi muda yang terampil, kreatif dan inovatif. Arus globalisasi berupa materialism dan hedonisme menghadirkan fenomena sosial  yang tak bisa dihindari seperti narkoba dan seks bebas yang menjamah generasi muda.

Karenanya, LDK ini diharapkan Gubernur menjadi langkah awal menumbuhkan jiwa mulia dan budi pekerti . Kepintaran dan kepandaian bukan segalanya, tetapi berjiwa mulia, berakhlak dan berbudi menjadi bekal utama generasi muda.

"Maluku sudah sangat terkenal dan menjadi objek pemberitaan sejak abad ke 1 masehi. Tapi apakah sumber daya manusia Maluku sudah sama terkenalnya?
Jawabnya belum," kata Gubernur.

Untuk menjawab tantangan itu, Pemerintah Provinsi Maluku telah memetakan bagaimana membangun generasi Maluku yang baik,  dengan membuat langkah-langkah strategis demi peningkatan kualitas pendidikan.

Pada saat meresmikan jembatan Merah Putih di Ambon, Presiden Jokowi memberikan dua arahan agar Maluku meningkatkan kualitas SDM. Arahan pertama, Presiden berpesan dengan adanya kilang gas Blok Masela, masyarakat Maluku tidak hanya jadi penonton, tapi harus terlibat langsung. Arahan kedua, Maluku harus dibangun dengan sumber daya manusia yang berkualitas. Nilai investasi Blok Masela yang sangat besar, mencapaiu 300 Triliun, pemerintah Provinsi Maluku harus dapat membuat strategi mewujudkan pesan Presiden Jokowi tersebut.

Gubernur membeberkan, Pemprov Maluku memiliki dua rencana, yakni rencana jangka pendek dan rencana jangka panjang. Rencana pendek, Pemprov Maluku telah menjalin kemitraan dengan Universitas Padjajaran di Bandung, untuk menyekolahkan 30 pelajar Maluku setiap tahunnya di jurusan Geologi. Sementara, rencana jangka panjangnya adalah pemerintah Maluku bersama universitas-universitas di Maluku akan mendirikan Institut Teknologi Ambon.

Dengan kehadiran Institut Teknologi Ambon, kelak para pelajar Maluku tidak perlu lagi sekolah tehnik jauh-jauh di Pulau Jawa.

"Anak-anak yang ingin ambil tehnik tak perlu lagi ke jauh-jauh, sudah ada di Ambon. Mudah-mudahan nanti sudah berdiri dapat setara dengan ITB (Institut Teknologi Bandung). Kita harapkan rencana ini bisa berjalan dengan baik," tutup Gubernur.

Sekedar informasi, kegiatan serupa juga dilaksanakan oleh Panitia HPN 2017 bertajuk "Creativeprenuership" dengan peserta 1.000 mahasiswa Universitas Pattimura pada medio desember tahun lalu. Ini merupakan wujud dari komitmen panitia HPN 2017 untuk menghadirkan kemajuan di Maluku terutama pembangunan Sumber Daya Manusia di Provinsi Maluku.

LPM dan FKM USU Gelar Edukasi Kesahatan dan Pemberian Paket Covid 19

Sebelumnya

Akhyar: Pagi Tadi Satu Orang Meninggal Lagi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa