post image
KOMENTAR
Peran pers sangat besar untuk "membentengi" masyarakat dari berbagai informasi bohong alias hoax yang menyesatkan. Demikian disampaikan Kapolrestabes Medan, Kombes Sandi Nugroho berkaitan dengan peringatan Hari Pers Nasional yang jatuh pada hari ini, Kamis (9/2).

"Informasi hoax itu sesuatu yang tidak bisa dinafikan sebagai bagian dari perkembangan teknologi informasi. Untuk itu, pers memiliki andil besar dalam memberikan edukasi kepada masyarakat untuk tidak langsung percaya terhadap isu hoax," katanya saat ngopi bersama para jurnalis di Warkop Jurnalis Medan, Jalan Agus Salim, Medan.

Sandi mengakui, saat ini keberadaan info hoax sangat rawan memicu perpecahan ditengah masyarakat. Pihak kepolisian menurutnya senantiasa berupaya untuk menjaga agar situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) tetap terjaga. Akan tetapi, langkah pencegahan dan edukasi untuk mencegah munculnya sikap reaktif dari masyarakat sangat ditentukan oleh edukasi terhadap masyarakat agar tetap tenang dalam menyikapi info hoax tersebut.

"Dan disitulah peran pers yang sangat besar selaku media yang langsung menjangkau masyarakat. Produk pemberitaan dan informasi dari Pers dapat menyejukkan situasi yang ada," ungkapnya.

Secara khusus bagi pihak kepolisian, peran pers menurut Sandi juga sangat besar dalam memberikan kritik dan masukan bagi mereka. Azas transparansi yang diusung oleh pers membuat seluruh kinerja kepolisian dan berbagai kebijakannya menjadi sangat terbuka dan diketahui masyarakat.

"Karena kinerja kami juga diketahui masyarakat, maka itu membuat seluruh personil kami juga akan bekerja maksimal dalam melayani masyarakat," demikian Sandi.[rgu]

LPM dan FKM USU Gelar Edukasi Kesahatan dan Pemberian Paket Covid 19

Sebelumnya

Akhyar: Pagi Tadi Satu Orang Meninggal Lagi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa