Rabu, 15 Februari 2017 , 11:43:00 WIB

DPD RI: Peneliti BMKG dan Ahli Asal Jepang Sudah Lakukan Kajian Gempa Deli Serdang

Laporan: Robedo Gusti

Anggota DPD RI asal Sumatera Utara, Parlindungan Purba mengatakan saat ini peneliti gempa dari Jepang sudah turun ke Deli Serdang untuk melakukan kajian atas terjadinya gempa bumi intens yang terjadi dalam sebulan terakhir. Menurutnya kajian ini menjadi sebuah hal yang sangat penting untuk menjawab berbagai keresahan masyarakat atas peristiwa tersebut.

"Kemarin kita sudah minta agar BMKG Pusat melakukan penelitian dan Alhamdulillah saat ini BMKG Pusat bekerjasama dengan peneliti dari Jepang sudah turun ke lokasi," katanya saat menghadiri press conference di Kantor BMKG Wilayah I Medan, Jalan Ngumban Surbakti, Medan, Rabu (15/2).

Parlindungan yang menjadi ketua Komite II DPD RI yang membidangi kebencanaan mengaku, mereka menerima banyak keluhan dari masyarakat akibat banyaknya informasi simpang siur mengenai gempa yang terjadi.

"Banyak masyarakat yang resah karena info yang menyebut gempa berkaitan dengan Sinabung, dengan Danau Toba ini yang kita minta dijelaskan," ujarnya.

Sementara itu, Kepala BPBD Sumatera Utara, Riadil Akhir Lubis mengatakan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) dalam waktu dekat akan merilis hasil penelitian tersebut bersama dengan seluruh stakeholders yang berkaitan dengan kebencanaan.

"Jumat ini kita akan merilis hasilnya bersama dengan dinas pendidikan, BPBD, Basarnas dan juga instansi lain. Agar semua memahami dan mlbisa memberikan edukasi bagi masyarakat," ungkapnya.[rgu]



Comments