post image
KOMENTAR
Pengolahan limbah Toko Roti Royan dan CFC di Jalan Sultan Hasanuddin, Kelurahan Satria, Kecamatan Binjai Kota, dinilai belum memenuhi standart. Hal itu dikatakan langsung oleh Dr Edi Putra Sitepu Anggota DPRD Kota Binjai yang juga Ketua DPD Partai Nasdem Kota Binjai kepada wartawan, Selasa (28/2) usai meninjau langsung ke Toko Roti Royan bersama beberapa anggota DPRD Kota Binjai.

Kunjungan Ketua DPD Partai Nasdem Kota Binjai ke Toko Roti Royan berdasarkan laporan dan keluhan Warga sekitar yang selalu mencium aroma tak sedap yang berasal dari limbah buangan dari Toko Roti Royan dan CFC, serta sekitar rumah warga yang selalu tergenang air limbah.

Menurut Dr Edi Putra Sitepu, pengolahan limbah yang baik itu terdiri dari tiga bak penampungan. Untuk bak pertama dibuat dengan tertutup, selanjutnya limbah dialirkan ke bak kedua dengan kondisi air yang lebih jernih. Dari bak kedua, sambung Edi, dialirkan lagi ke bak ketiga yang sudah terbuka.

"Di bak ketiga ini limbahnya sudah steril. Karena ikan dan tanaman seperti kangkung sudah bisa hidup," terangnya.

Untuk pengolahan limbah Toko Roti Royan, lanjutnya, saat ini  kurang baik. Sebab lemak pada limbah masih ada dan dialirkan ke parit.

"Kondisi ini diperparah dengan keadaan parit yang ditutup dan tersumbat. Sehingga limbah yang masih berbau ini meluber ke jalan," terangnya sembari mengatakan untuk persoalan ini harus ada perbaikan pengolahan limbah dan parit.

"Kalau pengolahan limbah sudah baik, tentu tidak akan menganggu warga. Sehingga parit yang ditutup bisa dibuka kembali dan lumpur yang menyumbat bisa disemprot," sambung Dr Edi.

Setelah dilakukan peninjauan ke Toko Roti Royan, lanjutnya Dr Edi, kita menemukan adanya Ipal yang sangat memperihatinkan dari Toko Roti ini, dapur yang sangat tidak tertata rapi  dan bersih  serta sangat memprihatinkan, tegas Edi.

Untuk itu, tambah Dr Edi, pihaknya akan mengundang pihak terkit untuk mendindak lanjuti persoalan tersebut.

"Kita jadwalkan untuk memanggil pengusaha Toko Roti Royan dan CFC, serta pihak terkait di jajaran Pemko Binjai," demikian.[rgu]

LPM dan FKM USU Gelar Edukasi Kesahatan dan Pemberian Paket Covid 19

Sebelumnya

Akhyar: Pagi Tadi Satu Orang Meninggal Lagi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa