post image
KOMENTAR
Kegiatan Sosial perusahaan bubur kertas PT. Toba Pulp Lestari, Tbk (TPL) di kabupaten Simalungun dinilai masyarakat semakin menyentuh pembangunan, khususnya masyarakat pedesaan. Sejumlah program yang selama ini mendukung aktivitas dimasyarakat, memberi dampak positif dalam perkembangan perekonomian.

Satu diantaranya adalah program pembangunan pipanisasi TPL dalam mendapatkan pasokan air bersih, di desa Dolok Saribu Kecamatan Pondok Buluh. Pipa air bersih dengan diameter 6 inci yang belum lama ini dibangun sepanjang 1,7 KM, berjalan lancar dan membantu masyarakat untuk dapat menikmati kebutuhan air bersih.

Proses penyaluran air bersih dialirkan ke seluruh rumah warga, ada 15 kepala keluarga didesa Dolok Saribu. Penyaluran air dilakukan dengan memasang 300 batang pipa. Untuk mengalirkan air bersih pihak TPL memanfatkan sumber mata air alami, yang selama ini dijaga kelestariannya dikawasan konsesi HTI (Hutan Tanaman Industri) TPL disektor Aek Nauli.

"Kami sangat bersyukur program pipanisasi sampai saat ini berjalan baik. Hasil gotong royong perusahaan dan masyarakat membuahkan hasil pasokan air bersih dikampung ini," ujar Sardi Sinaga perwakilan warga.

Sardi Sinaga mengungkapkan pasokan air bersih paling dibutuhkan masyarakat saat ini. Sebelumnya masyarakat desa Dolok Saribu memerlukan usaha keras untuk mendapatkan air bersih. Masyakat harus berjalan hingga 6 KM untuk dapat membeli air.

Sehingga menurutnya terealisasinya bantuan pipanisasi TPL sangat bermanfaat bagi kehidupan masyarakat. Kini keseharian masyarakat sudah banyak memanfaatkan pasokan air, mandi, mencuci dan keperluan rumah tangga. Bahkan program pipanisasi TPL juga memberikan peluang peningkatan perekonomian warga.

"Peluang untuk ekonomi juga berpengaruh dengan pipanisasi bantuan TPL ini. Diantaranta sekitar 50 Ha perkebunan kopi dan jagung masyarakat, sebagai sumber utama pemasukan warga menikmati pasokan air bersih keperkebunan mereka," sebut Sardi Sinaga.

Mulia Nauli Direksi TPL menjelaskan pihaknya terus berupaya memberikan yang terbaik untuk masyarakat, khususnya yang berdekatan dengan wilayah dan areal kerja perusahaan. Sejumlah program yang selama ini diberikan kepada masyarakat, adalah dukungan perusahaan dan kontribusi ditengah masyarakat.

"Pipanisasi adalah salah satu bentuk kepedulian perusahaan kita kepsda masyarakat. Semoga dengan bantuan ini kualitas hidup masyarakat dapat meningkat, dan perusahaan dapat selalu memberikan dukungan kepada masyarakat," sebut Mulia, Senin (28/2).

Bantuan pipanisasi PT. Toba Pulp Lestari, Tbk di desa Dolok Saribu merupakan bantuan yang kesekian kalinya. Sebelumnya perusahaan bubur kertas ini juga membuka jalan dan program bedah rumah masyarakat layak huni. Bahkan tidak sedikit masyarakat didesa Dolok Saribu yang telah bekerja di TPL.[rgu]

Walikota Medan Tampak Gugup Begitu Tiba Di KPK

Sebelumnya

Dukung Danau Toba Super Prioritas, Polda Sumut Tanam Sejuta Pohon

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa