Sabtu, 04 Maret 2017 , 09:03:00 WIB

Pemuda Muhammadiyah Buka Posko Gerakan Panci untuk Mustadh'afin dan Korban Bencana

Laporan: Zul Hidayat Siregar

Pemuda Muhammadiyah menginisiasi Gerakan Panci untuk Mustad’afin dan Korban Bencana Alam. Penggalangan panci atau alat memasak lainnya akan digelar selama sebulan dan dimulai sejak Kamis kemarin (2/3).

Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah, Dahnil Anzar Simanjuntak, menjelaskan gerakan ini merupakan aksi kemanusiaan untuk merespon meningkatnya intensitas bencana alam beberapa bulan terakhir di beberapa daerah.

"Kenapa Panci? Karena saya temukan banyak keluarga korban bencana di seluruh Indonesia membutuhkan alat masak baru salah satunya adalah panci. Maka saya mengajak kepada seluruh yang peduli untuk menyumbangkan panci baru kepada korban-korban bencana," jelas Dahnil (Sabtu, 4/3).

"Panci. Narasi panci adalah narasi kita. Kita yang tumbuh dari panci yang menemani ibu di dapur mengolah panganan halal dari usaha ayah. Panci. Narasi kemanusiaan. Dimana kebaikan yang ditanak, dimasak dengan hati penuh kasih oleh ibu. Nadi kemanusiaan dan kasih sayang seringkali hadir melalui narasi panci, dimana Ibu seringkali hadir bersama," sambungnya.

Ketua Bidang KOKAM Dan SAR PP Pemuda Muhammadiyah, M. Mashuri Masyhuda, yang menjadi penanggung jawab gerakan panci tersebut, donasi yang diutamakan adalah panci, wajan, dandang nasi, dan sejenisnya yang dapat digunakan untuk memasak.  Selain itu juga, diutamakan produk dalam negeri khususnya produksi UMKM yang sudah ber-SNI.

"Diutamakan dihimpun di Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah melalui Gedung Lazismu Pusat Dakwah Muhammadiyah Jalan Menteng Raya No.62 Jakarta Pusat. Bagi wilayah di luar Jabodetabek dipersilahkan menghubungi dan menghimpun di seluruh kantor Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah," jelasnya.

Lebih jauh Mashuri menjelaskan, pihaknya bekerja sama dengan dengan Lazismu dan Lembaga Penanggulangan Bencana PP Muhammadiyah (MDMC) untuk proses pendistribusiannya ke daerah-daerah terdampak Bencana Alam.

"Bidang KOKAM Dan SAR PP Pemuda Muhammadiyah berkomitmen untuk bersama-sama dengan seluruh stakeholder Muhammadiyah untuk terus aktif melakukan aksi-aksi kemanusiaan di seluruh Indonesia," tandasnya. [zul]




Comments