post image
KOMENTAR
Minimnya pasokan ikan yang diterima oleh pedagang ikan di Kota Binjai membuat harga ikan terus mengalami kenaikan harga.

Seperti di pasar Mega Los Pasar Kebun Lada Binjai, di Jalan Printis Kemerdekaan, Kecamatan Binjai Utara, Kota Binjai, harga ikan naik hingga mencapai 50 persen, Sabtu (4/3).

 Seorang pedagang ikan di pasar Kebun Lada, Iwan mengatakan, kenaikan harga ikan laut terus terjadi di Kota Binjai.

"Kenaikan harga ini diakibatkan minimnya pasokan ikan yang diterima pedagang dari para nelayan," jelasnya.

Selain itu, lanjut Iwan, harga tolak dari nelayan juga mengalami kenaikan, sehingga para pedagang di sejumlah pasar tradisional di Kota Binjai juga menaikkan harga jual ikan laut.

"Harga tolak juga naik bang, makanya kami juga terpaksa harus menaikan harga jualnya. Kalau tidak kami naikkan, jelas kami yang rugi," ujarnya.

Kenaikan harga ikan yang paling mencolok yakni ikan Dencis, bisanya para pedagang hanya menjual dengan harga 20.000 perkilogramnya, kini naik menjadi 30.000 perkilogramnya.

Ikan gembung, dari harga 27.000 perkilogramnya, kini naik menjadi 33.000 perkilogramnya. Ikan merah dari 25.000 perkilogramnya, kini naik menjadi 30.000 perkilonya.

Ikan selar dari harga 18.000 menjadi 22.000 perkilogramnya. Begitu juga dengan komoditas laut lainnya seperti udang yang naik menjadi 63.000 perkilo dari harga 53.000 perkilo.

Kenaikan harga komoditas laut ini diperkirakan akan terus terjadi hingga pasokan yang diterima para pedagang kembali normal seperti biasanya.[rgu]

Kemenkeu Bentuk Dana Siaga Untuk Jaga Ketahanan Pangan

Sebelumnya

PTI Sumut Apresiasi Langkah Bulog Beli Gabah Petani

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Ekonomi