Selasa, 07 Maret 2017 , 08:47:00 WIB

Anggota DPRD Sumut Sedih, Sentra Penghasil Jagung di Dairi "Terisolasi" Gegara Jalan Rusak

Laporan: Robedo Gusti

Anggota DPRD Sumatera Utara, Jenny Riany Lucia Berutu SH mengaku sedih dan prihatin dengan kondisi desa Liang Jerring di Kabupaten Dairi yang saat ini semakin "terisolir" akibat kondisi jalan yang rusak berat. Warga yang berada di desa yang menjadi salah satu sentra penghasil jagung tersebut saat ini semakin kesulitan dalam mempertahankan kesejahteraan mereka akibat akses jalan menuju desa mereka yang sulit dilalui.

"Bayangkan saja jarak dari desa tersebut ke kota hanya 30 kilometer, namun hal tersebut harus ditempuh dalam 6 jam. Ini kan sangat merugikan," kata Jenni, Senin (6/3).

Jenny menjelaskan, dalam reses yang digelarnya ke desa tersebut salah satu keluhan utama masyarakat adalah kondisi jalan yang rusak parah. Hal ini diamini oleh politisi Demorat tersebut dimana ia juga mengalami kesusahan saat dalam perjalanan menuju desa tersebut.

"Transportasi yang bisa digunakan ke sana hanya mobil dua gardan atau roda dua. Selama diperjalanan saya beberapa kali berhenti untuk melihat parahnya kondisi jalan disana. Jadwal reses jam 15.00 WIB jadinya baru bisa dimulai jam 19.00 WIB karena saya lama diperjalanan yang kondisinya rusak parah," ungkapnya.

Dalam laporan yang diterimanya dari warga disebutkan desa tersebut merupakan salah satu penghasil komoditi jagung dengan jumlah hasil panen yang tinggi. Setiap panen jagung dari desa tersebut dapat mencapai 10 ton dan dalam setahun mereka dapat memanen jagung hingga 2 kali. Akan tetapi tingginya hasil panen tersebut tidak serta merta membuat masyarakat disana dapat hidup dengan sejahtera karena hasil panen mereka sulit diangkut ke kota.

"Karena jalan rusak, para pedagang hanya membeli hasil panen mereka dengan harga murah. Atau kalaupun mereka mengangkut sendiri ke kota, butuh biaya yang tinggi dan waktu yang lama. Ini yang menjadi poin utama yang harus diperjuangkan disana," tegasnya.

Dihadapan warga, Jenny berjanji akan memperjuangkan adanya perbaikan jalan menuju desa tersebut. Selain akan memperjuangkannya ditingkat Provinsi, ia juga meminta agar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Dairi juga memberikan perhatian serius dalam membenahi infrastruktur jalan dilokasi tersebut. Hal lain yang juga ditekankannya adalah agar penggunaan dana desa dipergunakan sepenuhnya untuk membantu kebutuhan masyarakat.

"Jangan coba-coba diselewengkan," tegasnya.

Dalam reses tersebut, warga sangat antusias menyampaikan keluhan dan harapan mereka kepada Jenny. Sebagai ucapan terima kasih mereka atas kunjungan Jenny ke desa mereka, mereka juga memberikan makanan khas Pakpak kepada Jenny yakni "pelleng si cina bara". Mereka berharap perbaikan infrastruktur mereka dapat segera terwujud.[rgu]


Comments