post image
KOMENTAR
Petugas Bea Cukai Kantor Pengawasan dan Pelayanan Tipe Madya Pabean B Medan menangkap seorang pemuda warga Jalan Gurilla, Kelurahan Sei Kera Hilir II Kecamatan Medan Perjuangan. Penangkapan dilakukan setelah petugas terlebih dahulu melakukan penyelidikan atas informasi aktifitas pemesanan narkotika jenis pil ekstasi yang dilakukan pemuda berinisial G tersebut dari Belanda dan Prancis.

Hasilnya petugas berhasil melakukan penangkapan saat paket kiriman tersebut diterima olehnya di tempat kediamannya pada Jumat (3/3) lalu. Untuk mengelabui petugas, tersangka selalu meminta agar paket tersebut dikemas menyerupai dokumen dan dikirimkan pada dua alamat yang dituliskannya yakni di Jalan Gurilla dan Jalan Pelita.



"Temuan ini berdasar informasi dari masyarakat, bahwa ada amplop yang dicurigai berisi narkoba. Petugas Bea Cukai membongkar amplop tersebut. Setelah diteliti, ternyata positif mengandung narkoba," kata Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) tipe Madya Pabean B Medan Sonny Surachman Ramli, dalam konferensi persnya, Selasa (7/3).

Sonny menjelaskan, dalam melakukan transaksinya tersangka menggunakan aplikasi online yakni transaksi dengan aplikasi Bitcoin. Hal ini membuat transaksinya tidak mencurigakan. Dari hasil penyelidikan, pesanan pil ekstasi tersebut kemudian dioplos menjadi beberapa butir yang dilakukannya secara otodidak.

"Setelah berhasil membeli narkoba jenis ekstasi dari luar negeri, pemuda ini mengoplos ekstasi tersebut. Tak tanggung-tanggung, satu butir ekstasi akan dioplos menjadi 20 butir.

Ekstasi yang sudah jadi akan diedarkan di Medan. Namun, belum sempat meracik ekstasi oplosan, G sudah ditangkap petugas," ujarnya.

Untuk menindaklanjuti temuan ini, tersangka siang tadi langsung diserahkan ke pihak Polda Sumatera Utara. Ia dijerat dengan pasal, 102 huruf e jo 103 huruf D Undang-undang nomor 17 tahun 2006 tentang kepabeanan jo pasal 113 ayat (1) Undang-undang tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman hukuman penjara maksinal 15 tahun.[rgu]

LPM dan FKM USU Gelar Edukasi Kesahatan dan Pemberian Paket Covid 19

Sebelumnya

Akhyar: Pagi Tadi Satu Orang Meninggal Lagi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Peristiwa