Selasa, 07 Maret 2017 , 20:49:00 WIB

Ketua DPP NasDem: Masih Terlalu Dini Bicara Calon di Pilgubsu 2018

Laporan: Robedo Gusti

Partai NasDem memberikan isyarat jika mereka akan melakukan seleksi terhadap seluruh calon yang ingin maju di Pilkada Gubernur Sumatera Utara (Pilgubsu) 2018 mendatang. Hal ini disampaikan Ketua DPP PArtai NasDem, Martin Manurung sesaat sebelum memulai Rapat Kerja Daerah (Rakerda) DPD Partai NasDem Sibolga yang berlangsung di Hotel Wisata Indah, Sibolga, Selasa (7/3).

"Masih terlalu dini untuk membicakan calon untuk Pilgubsu, Partai NasDem belum memulai tahapan terkait seleksi calon untuk seluruh Indonesia," katanya, Selasa (7/3).

Martin menjelaskan, partainya selalu menerapkan mekanisme yang sangat selektif dalam menentukan calon yang akan diusung. Dengan demikian, tidak ada jaminan bahwa kader termasuk jajaran pengurus partai akan secara otomatis diusung jika hasil survey tidak menunjukkan potensi kemenangan. Mekanisme seperti ini bahkan menurutnya sudah diterapkan pada Pilkada 2015 dan 2017 lalu.

"Seleksi calon Gubernur termasuk untuk Sumatera Utara akan dilakukan secara serentak sesuai tahapan Pilkada 2018. Seleksi tersebut akan mengikuti mekanisme yang sudah dijalankan seperti Pilkada Serentak sebelumnya, yaitu tahun 2015 dan 2017," ujarnya.  

Setelah pendaftaran dibuka, setiap calon akan didata dan melalui proses survey yang mendalam. Setelah itu, Tim Pilkada Pusat DPP Partai NasDem akan melakukan rapat dan memberi usulan kepada Ketua Umum.

"Setelah itu, Ketua Umum akan memutuskan kepada siapa rekomendasi NasDem diberikan," tandas Martin.

Diketahui sejumlah nama disebut akan bertarung di Pilgubsu 2018 diantaranya Gubernur Sumatera Utara, T Erry Nuradi yang saat ini juga sebagai Ketua NasDem Sumut, Pangkostrad Letjend TNI Edy Rahmayadi, Bupati Langkat Ngogesa Sitepu hingga mantan gubernur Sumut Syamsul Arifin.[rgu]


Comments