Rabu, 15 Maret 2017 , 14:33:00 WIB

Dukung Industri Pariwisata

JR Saragih Pastikan Investor Dipermudah di Simalungun

Laporan: Robedo Gusti

Gerakan semangat baru Sumatera Utara di Kabupaten Simalungun yang dilakukan Bupati Simalungun JR Saragih terus berlanjut. Salah satu kebijakan terbaru guna mendukung semangat baru tersebut yakni dengan memastikan adanya kemudahan bagi para investor dibidang pariwisata untuk menanamkan modalnya di Simalungun.

"Silahkan datang semua investor, pengusaha untuk mengembangkan Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Untuk soal perijinan semua tidak akan kami persulit, khususnya di bidang pariwisata," katanya di Pematang Raya, Kabupaten Simalungun, Rabu (15/3).

Sebagai pemimpin di Kabupaten Simalungun, ia juga menjamin bahwa seluruh investor yang ingin berinvestasi di Simalungun akan selalu mendapatkan kenyamanan selama seluruh ketetapan dan aturan yang ada tetap dipatuhi.

"Para investor tentu memiliki keinginan membuka lahan yang diinginkan di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Mereka (investor-red) bebas memilih lahan milik pemerintah yang ingin dijadikan tempat berinvestasi. Kita akan mempermudah," tegasnya.

Sejauh ini kata JR, dirinya sudah berupaya menarik perhatian para investor. Salah satunya yakni dengan pembenahan terus-menerus yang dilakukan pada infrastruktur jalan. Beberapa ruas jalan seperti akses menuju Danau Toba, Parapat menurutnya sudah dibenahi dan dipastikan semakin mudah berkat adanya rencana pembangunan jalan Tol menuju Parapat.

Sementara ruas jalan dari Rawasiring yang nantinya bisa menembus akses ke Saribu Dolok, serta dari Galak menuju Tinggi Raja yang nantinya akan tembus ke Pematang Raya sedang dilakukan percepatan mengingat hal ini sesuai instruksi Presiden Jokowi untuk mendukung Danau Toba sebagai destinasi unggulan nasional.

"Marilah seluruh investor datang ke Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Sekali lagi saya pastikan untuk urusan administrasi dipermudah, bahkan pengurusan ijin selesai dalam waktu dua hari asalkan tidak melanggar hukum maupun merusak lingkungan di Kabupaten Smalungun," ungkapnya.

Hal senada disampaikan Pahala Resdon Sinaga selaku Plt Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Simalungun. Ia menegaskan dengan dipermudah para investor untuk menanamkan modalnya maka tentu akan membuat wisatawan mancanegara maupun nusantara akan lebih banyak datang. Belum lagi, dari sisi PAD akan bertambah. Tak itu saja, beberapa titik spot pariwisata juga akan dipercantik untuk mendukung perkembangan investasi wisata tersebut.

"Destinasi wisata seperti Tiga Ras, Bukit Indah Simarjarunjung, Pantai Bebas serta destinasi wisata lainnya, bahkan kami juga bekerjasama dengan pihak dinas perhubungan serta pekerjaan umum untuk terus membenahi. Ketika sudah bagus maka para investor tentu akan mudah menanamkan modalnya," ujarnya.

Sementara itu Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Simalungun, Betty Rodearni Sinaga mengapresiasi kinerja JR Saragih demi mempercantik pariwisata. Menurutnya, dengan cara ini akan lebih capat meningkatkan pariwisata dan yang pasti dengan dibuat seperti itu maka akan membuat pariwisata di Simalungun terus dikenal oleh wisatawan.

"Saya berharap investor yang datang bisa membangun sarana seperti penginapan. Di mana, hingga kini di Kabupaten Simalungun baru satu penginapan berkelas internasional. Dengan banyaknya para investasi asing yang membangun penginapan maka tentu ini sebagai jalan dalam mendukung percepatan Danau Toba sebagai salah satu destinasi prioritas," tuturnya.[rgu]



Comments