Rabu, 09 Agustus 2017 , 14:37:00 WIB

Obat Trauma Tragedi Maut

Barcelona vs Chapecoense 5-0
foto/net Barcelona berhasil membantai klub asal Brasil Chapecoense 5-0 (3-0) dalam turnamen yang bertajuk Joan Gamper Trophy yang digelar dini hari kemarin WIB di Camp Nou. Secara permainan, Barca memang jauh lebih berkualitas dari lawannya.

Pada paruh pertama Barca su­dah menunjukkan hegemoninya dengan tiga gol yang bersarang ke gawang lawan, masing-mas­ing dicetak Gerard Deulofeu di menit enam, Sergio Busquets di menit 11 dan Lionel Messi di menit 28. Di babak kedua Barca sempat bermain bertahan dan memberikan kesempatan klub tamu untuk menyerang.

Toh Los Cules menambah dua gol yang masing-masing dilesatkan Luis Suarez di menit 55. Denis Suarez di menit 74. Paco Alcacer mendapatkan kes­empatan emas di menit 88 lewat titik putih. Sayangnya eksekus­inya masih lemah dan mampu ditahan kiper Chapecoense, Artur.

Walau dibantai lawan, laga ini jadi pengalaman berharga Chapecoense. Klub ini perlu mengembalikan mental tiga pemainnya yang selamat dari kecelakaan pesawat. Tragedi itu berakibat 73 dari 76 penump­ang dipastikan tewas, termasuk pemain, official, dan wartawan Chapecoense. Kejadian nahas tersebut tepatnya pada tanggal 28 November 2016.

Pada laga kali ini juga di­meriahkan tiga korban selamat dari tragedi maut tersebut. Satu pemain Chapecoense, Alan Ruschel tampil sebagai kapten tim. Sedangkan dua pe­main yang selamat dari tragedi mengerikan tersebut. Sementara Neto dan Jakson Follman diberi kehormatan untuk melakukan kick-off seremonial.

Coach Ernesto Valverde menuturkan, laga antara klubnya kontra Chepcoense merupa­kan partai emosional. "Sebuah penghormatan besar bagi kami melawan klub yang melalui masa sangat sulit. Semoga Chapecoense cepat pulih dan bang­kit mewarnai pesepakbolaan di dunia ini," katanya seperti dikutip dari laman resmi klub.

Eks pelatih Valencia itu me­nyanjung anak asuhnya yang bermain apik pada laga pra­musim kali ini. "Pramusim, kami lalui dengan amat baik. Akan tetapi laga yang sesung­guhnya itu pada Ahad nanti melawan klub tangguh sekelas Real Madrid," lanjutnya.

Secara khusus Valverde menyanjung bintang mudan­ya Deulofeu. "Jika Gerard Deulofeu diberikan ruang un­tuk bermain, maka dia akan menjawabnya dengan perma­ian cemerlang bahkan gol seperti laga ini," tegasnya.

Tak mau ketinggalan, Marc Andre Ter Stegen pun merasa terhormat bisa menghadapi Chapecoense. "Satu laga yang istimewa kontra Chapecoense. Kami siap dengan laga yang akan datang dan dalam per­forma baik untuk berjumpa dengan Real Madrid" tegas kiper berpaspor Jerman itu.

Belakangan, kinerja Andre Stegen pun tak terbantahkan di bawah mistar gawang Los Cules. Musim lalu, Andre Stegen mondimansi penampi­lan di posisi penjaga gawang, dibandingkan kiper lainnya.

"Saya hanya berfikir positif. Main bagus, merasa senang dan saya ingin terus bermain bersama klub ini," tukas Andre Stegen. [rmol]



Comments