Rabu, 27 Desember 2017 , 11:19:00 WIB

5 Tempat Wisata di Semarang yang Bikin Kangen Kembali

Laporan: Robedo Gusti

Semarang dengan julukannya sebagai Kota Lumpia, Semarang sebenarnya adalah kota yang unik. Kota ini memiliki ciri khasnya sendiri, yang membuatnya begitu menarik untuk dijelajahi. Sebagai kota terbesar di Jawa Tengah, Semarang tidak hanya dikunjungi oleh wisatawan, tetapi juga oleh pelaku bisnis. Hal ini tentu ikut mempengaruhi Semarang semakin dikenal secara luas, bahkan hingga mancanegara. Banyak para wisatawan dalam dan luar negeri yang tertarik mengunjungi berbagai tempat wisata di Semarang, yang sudah terkenal sejak lama. Berikut ini beberapa destinasi menarik yang akan membuatmu kangen ingin kembali mengunjungi kota dengan julukan Venetie van Java ini.

1. Kota Lama Semarang
Semarang sangat terkenal dengan kawasan ini. Mengunjungi kawasan ini, kamu akan menemukan deretan bangunan tua bergaya Eropa Klasik. Nuansanya yang khas pastinya menjadi buruan untukmenjadi latar berfoto yang unik. Dengan luas sekitar 31 hektar, kawasan ini nampak unik jika kamu membandingkan dengan suasana di luar kawasan ini. Kota Lama memang sudah banyak dikunjungi oleh wisatawan yang ingin menyaksikan Little Netherland dengan 50 bangunan kuno yang sangat kokoh. Menjelajah di atas Kota Lama Semarang, kamu akan menemukan banyak sekali obyek yang bisa kamu kunjungi, antara lain Gereja Blenduk, Stasiun Semarang Tawang, termasuk Kefe Spiegel, kafe yang menawarkan suasana bangunan klasik. Di kawasan ini juga terdapat beberapa kafe lain yang menawarkan suasana zaman kolonial, misalnya Kafe Nuris, Retro Cafe, dan Tekodeko.

2. Masjid Agung Jawa Tengah
Berlokasi di Jl. Gajah Raya, Sambirejo, masjid ini memiliki gaya bangunan campuran, antara Jawa, Islam dan Romawi, dan kubah besar berdiameter 20 meter, Masjid Agung memang tidak hanya menjadi tempat ibadah tetapi juga dipersiapkan menjadi obyek wisata religius.

Sebagai salah satu tempat wisata di Semarang, selain dilengkapi dengan penginapan bagi para peziarah dengan kapasitas 23 kamar, pada masjid ini terdapat Menara Al Husna dengan tinggi 99 meter. Dan untuk kamu yang tertarik dengan sejarah, di lantai 2 menara terdapat Museum Perkembangan Islam Jawa Tengah.

3. Lawang Sewu
Artinya seribu pintu’, sebagai sebutan untuk bangunan yang memiliki total 429 pintu. Mengunjungi Lawang Sewu, kamu akan menyaksikan sebuah gedung tua dengan bentuk yang unik, yaitu banyaknya pintu dan jendela. Gedung yang dibangun pada 1904 ini merupakan bekas kantor pusat Indische Spoorweg Maatscappij (NIS), yaitu perusahaan yang membangun jalur kereta antara Semarang, Solo dan Jogja.

Salah satu daya tarik Lawang Sewu adalah beragam kisah mistis yang berkaitan dengan gedung ini, area sumur tua, penjara berdiri, penjara jongkok, penjara bawah tanah, dan ruang penyiksaan tawanan, diikuti kabar penampakan hantu tentara Belanda dan sebagainya yang awalnya beredar di kalangan warga sekitar.

4. Candi Gedong Songo
Selain mengunjungi gedung-gedung bernuansa kolonial, di Semarang kamu juga dapat mengunjungi Candi Gedong Songo, yang berada di Kecamatan Bandungan, Semarang. Candi ini dikelilingi oleh pemandangan alam yang memukau, karena komplek candi ini berada di lereng Gunung Ungaran. Sebelumnya candi ini disebut Candi Gedong Pitu, karena hanya ditemukan 7 buah bangunan candi. Baru sekitar 1908 sampai 1911 ditemukan 2 buah bangunan candi lainnya, sehingga namanya menjadi Candi Gedong Songo. Di dalam kompleks candi peninggalan Wangsa Syailendra ini terdapat kolam pemandian air panas.

5. Kampung Batik Semarang
Sebenarnya masih sangat banyak tempat wisata di Semarang yang sangat sayang untuk kamu lewatkan. Selain kaya akan peninggalan Belanda dan kerajaan kuno, Semarang juga kaya akan warisan budaya leluhur. Untuk penggemar Batik, mengunjungi Kampung Batik Semarang jangan sampai terlewatkan! Selain bisa cuci mata dan puas belanja di toko batik yang berderet di kawasan ini, kamu bisa belajar mengenal lebih dekat bagaimana pola Batik Semarang yang khas.[rgu]


Comments