Sabtu, 17 Maret 2018 , 02:03:00 WIB

Aster Kasad dan Dirjen TP Kementan RI Panen Raya Padi di Asahan

Foto/RMOLSumut Asisten Teritorial Kepala Staf Angkatan Darat (Aster Kasad) Mayjen TNI Supartodi, SE, M.Si, melakukan panen raya padi di Desa Meranti, Kecamatan Pegajahan, Kabupaten Asahan, Jumat (16/3).

Kedatangan Aster Kasad beserta rombongan, disambut meriah dengan tarian penyambutan tradisional melayu oleh masyarakat kampung setempat. Setibanya dilokasi panen raya, Danrem 022/PT Kolonel Arm Khoirul Hadi, SE langsung mendampingi Mayjen Supartodi, selanjutnya rombongan langsung melaksanakan kegiatan panen.

Dalam kunjungannya ke Kabupaten Asahan, Mayjen  Supartodi  secara simbolis melaksanakan panen raya dengan menggunakan alat tradisional. Pada musim panen raya kali ini terdapat 15 Ha sawqah yang siap panen.

Mayjen Supartodi berharap kepada petani agar dalam kegiatan panen raya ini jangan cepat puas, tetapi harus bersemangat dalam meningkatkan hasil panen di daerah mereka.

"Kita jangan mau kalah dengan negara lain, kalau bisa Indonesia merupakan negara pengekspor beras ke negara-negara tetangga," tegas Supartodi.

Lebih lanjut beliau menjelaskan, bahwa di tahun 2018 ada MoU bersama dari Bulog, Kasad dan Perbankan dalam rangka peningkatan kesejahteraan petani.

Presiden juga meminta kepada semua aparat terkait agar dapat mengawal pertanian di daerahnya, sehingga petani mendapat untung dan tidak ada kecurangan terhadap petani.

Kegiatan dilanjutkan dengan pembacaan doa dan pengarahan dari Aster Kasad kepada perwakilan Gapoktan di Desa Meranti, dilanjutkan tanya jawab dan pemberian hadiah bagi Gapoktan yang dapat menjawab.

Disamping itu, Bupati Asahan yang diwakili oleh Wakil Bupati H Surya Msc, menyampaikan bahwa dari pihak Pemda Asahan akan mendukung rencana presiden dalam program Swasembada Pangan di Kabupaten Asahan. Menurutnya, pertanian di Kabupaten Asahan sangat menjamin untuk kedepannya, karena tekstur tanah yang baik untuk  pertanian, khususnya Sawah.

Ucapan terima kasih juga disampaikan oleh H Surya, kepada Aster Kasad dan Staf Kementerian Pertanian yang sudah datang ke Asahan untuk meninjau kegiatan panen raya di Desa Pegajahan, Kecamatan Pegajahan, Kabupaten Asahan.

Turut hadir dalam pelaksanaan kegiatan tersebut Paban III Sterad Kolonel Inf Daryatmo, Danrem 022/PT Kolonel Arm Khoirul Hadi SE, Aster Kasdam I/BB Kolonel Inf  Nur Samsudin, Para Kasi Korem 022/PT, para Dandim jajaran Korem 022/PT, Staf Ahli Menteri Pertanian RI.

Selain itu hadir juga Danrem 023/KS beserta para Dandim dan jajarannya, Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sumut Khadizah El Ramizah, serta Dirjen Tanaman Pangan dan Holtikultura DR Ali Zamil Harahap. [rtw/rmolsumut] 


Comments