post image
Foto/RMOLSumut
KOMENTAR
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan akan memasang alat peraga kampanye (APK) yang resmi milik pasangan calon pada Pilgubsu 2018 mulai Senin (25/3) mendatang. Hal ini disampaikan Ketua KPU Kota Medan Herdensi Adnin. Menurutnya APK yang dipasang tersebut yakni berupa Baliho, umbul-umbul dan juga spanduk yang penyebarannya sudah diatur sesuai dengan PKPU nomor 4 tahun 2017.

"Pemasangan baliho itu KPU Medan yang membuat, kemudian umbul-umbul dan spanduk itu dipasang oleh Petugas Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Petugas Pemungutan Suara (PPS)," katanya, Jumat (23/3).

Herdensi menjelaskan, sebelum pemasangan APK ini, mereka sudah terlebih dahulu menggelar rapat koordinasi bersama jajaran Panwalsu Kota Medan, Polrestabes Medan, Polres Belawan dan Polisi Pamong Praja (Ppol PP) Pemko Medan. Dalam rapat koordinasi tersebut disepakati APK dalam bentuk baliho hanya dipasang pada 3 titik di Kota Medan.

"Titik pertama itu di Amplas tepatnya di Simpang Al Falah, kemudian titik kedua di Selayang tepatnya pada simpang Ring Road dan kemudian di Marelan tepatnya di Tanah enam ratus," ujarnya.

Mengenai pemasangan umbul-umbul dan spanduk seluruhnya akan dipasang oleh pihak PPK dan PPS pada lokasi-lokasi yang sudah ditentukan. Jumlahnya sendiri berdasarkan PKPU yakni 10 umbul-umbul masing-masing pasangan calon per kecamatan dan 2 spanduk masing-masing pasangan calon per kelurahan.

"Lokasi pemasangannya tentu tidak boleh melanggar aturan seperti di tempat ibadah, sekolah, fasilitas pemerintah dan tempat lainnya yang dilarang. Di luar itulah mereka akan memasang APK tersebut," ujarnya.

Setelah dipasang, tanggung jawab mengenai keamanan APK tersebut menurut Herdensi juga sudah diatur dimana KPU berkoordinasi dengan pihak keamanan dan juga masing-masing pasangan calon. Sedangkan tanggung jawab penggantian karena rusak itu menjadi tanggung masing-masing pasangan calon dengan berkoordinasi dengan KPU Medan. [rtw/rmolsumut] 

Ganjar Pranowo Dilaporkan ke KPK, Apakah Prediksi Fahri Hamzah Terbukti?

Sebelumnya

Apple Kembali Alami Kenaikan Pendapatan, Kecuali di China Raya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Peristiwa