Sabtu, 12 Mei 2018 , 16:00:00 WIB

KBKC Bertekad Membangun Kampung Literasi

Laporan: Robedo Gusti

Dalam kegiatan Binjai Berdiskusi Dan Berpuisi 4.0 yang dilaksanakan sebagai rangkaian Binjai Berliterasi untuk Negeri (BBuN) selasa lalu (8/5/2018) pembahasan mengenai Kampung Literasi menjadi agenda utama kegiatan ini.

Kegiatan Binjai Berdiskusi dan Berpuisi ini diikuti oleh 40 an pegiat Literasi dari berbagai latar belakang. Juga turut hadir anggota DPRD Sumatera Utara Muhri Fauzi Hafiz.

Syamsul Agus S.Pd, Inisiator KBKC menyatakan jika dalam waktu dekat KBKC akan meluaskan giat literasinya dengan menginisiasi Kampung Literasi di setiap kelurahan yang ada di Kota Binjai.

"Kampung Literasi ini diinisiasi dengan membentuk taman baca aktif yang nanti akan diisi oleh relawan-relawan jebolan Academy Literacy Volunteer, dengan hadirnya relawan-relawan yang punya komitmen kuat hadir di masyarakat, kita yakin Kampung Literasi akan bisa beraktivitas sesuai harapan" ujar Syamsul Agus yang juga merupakan Kepala Sekolah Teladan Kota Binjai ini.

Muhammad Irfan selaku penanggung jawab dari Literacy Volunteer Academy ini menjelaskan bahwa program ini akan dipersiapkan secara serius. Memiliki sistem recruitmen yang professional serta Kurikulum Pelatihan yang terukur.

"Ikut bekerja sukarela tidak berarti suka-suka dan serelanya saja, kita tidak ingin lagi ada relawan yang berada di wilayah ini" Tutur Irfan yang juga telah aktif di dunia kerelawanan sejak semasa SMA ini.

Muhri Fauzi Hafiz yang juga ikut berdiskusi pada kegiatan ini menuturkan dia sudah sangat siap untuk menjadi bagian dari Kampung Literasi ini.

Saya rasa menjadi Anggota DPRD atau tidak, saya sungguh ingin menjadi relawan yang bergiat di Kampung Literasi ini. "Ujar Muhri"

Salah seorang peserta diskusi Saripudin Lubis yang merupakan seorang Guru dari SMAN 1 Binjai dan juga ketua Asosiasi Guru Bahasa dan Sastra Indonesia Provinsi Sumatera Utara ini mengusulkan jika Kampung Literasi di mulai dengan melaksanakan malam puisi dari Kampung ke Kampung.

Binjai Berliterasi dan Berdiskusi menjadi agenda bulanan yang dilaksanakan oleh Komunitas Binjai Kota Cerdas. Sampai saat ini Binjai Berpuisi Dan Berdiskusi sudah terlaksana sebanyak empat kali.[rgu]


Comments