post image
Foto/medanbagus
KOMENTAR

UISU menggelar acara Latihan Kepemimpinan Manajemen Mahasiswa DPW I POPMASEPI dan mengusung tema Meningkatkan Rasa Persaudaraan antar Mahasiswa Agribisnis dan Memperkuat Kualitas Iman Ilmu Amal ke Popmasepian Mahasiswa Sosial Ekonomi Sosial Indonesia, yang diikuti oleh mahasiswa agribisnis se-Sumatera.

Jumat(28/6) telah dilaksanakan seminar Lobby, Relationship dan Networking. Dengan narasumber Zulham Effendi (Pimpinan Umum RMOLSumut.com, medanbagus.com, Founder DCoach) di Gedung Balai Diklat Pertanian/ BLPP Pemrovsu.

Lobby diartikan sebagai upaya untuk mempengaruhi seseorang (pejabat politik atau publik) atau suatu isu, menurut New Oxford American Dictionary (2nd edition).

Dijelaskan Zulham, Lobby atau negoisasi memiliki beberaa langkah, diantaranya Persiapan, Pembukaan, Memulai Proses Negoisasi, Zona Tawar Menawar, dan terakhir Membangun Kesepakatan.

"Ketika tercapai kesepakatan biasanya kedua pihak melakukan jabat tangan sebangai tanda bahwa kesepakatan (deal or agreement) telah dicapai dan kedua pihak memiliki komitmen untuk melaksanakannya",lanjutnya.

Langkah setelah terjalinnnya kesepakatan adalah hubungan baik/ relationship. Menjalin hubungan baiknya dengan hal yang positif. Pahami dahulu bagaimana kita bisa terus berkembang, memiliki jaringan yang luas, mempelajari tentang keahlian.

"Terdapat piramid relationship yang memudahkan untuk mengetahui sampai mana kemampuan anda dalam menjalin hubungan baik dengan orang lain. Yang paling dasar adalah, orang tidak tahu nama saya, orang tahu siapa saya, orang yang suka dengan saya, orang yang berteman baik dengan saya, orang yang peduli dengan saya, atau yang paling atas orang memiliki nilai dan hubungan baik dengan saya. Jika sudah sampai pada tahapan atas, berarti kita mampu menjalin relationship dengan rekan atau kolega", jelasnya.

"Ingat bahwa, setiap pertemuan yang kita lakukan harus menghasilkan sesuatu. Jangan sampai kehilangan waktu. Kita juga harus menjadi orang yang peduli. Misalnya saja, orang agribisnis harus peduli dan mengerti dengan pertanian" tambahnya.

Sebelum kita berhasil menjalin hubungan baik dengan orang lain, kita butuh hubungan yang sempurna dengan diri sendiri.

Setelahnya, membangun jaringan/ connecting. Kenapa jaringan itu penting? Karena ada banyak keuntungnnya, misal kesempatan untuk memiliki bisnis baru, memiliki banyak relasi dan kolega, dan ilmu baru yang kita peroleh sehingga menambah pengetahuan.

"Membangun jaringan yang baik kepada orang lain. Kita harus menjadi pendengar yang baik. Dalam hal ini 80% mendengar, 20% berbicara. Bukan sebaliknya" kata Zulham.

Jangan terlalu memilih dalam hal membangun jaringan. Kita tidak tahu siapa yang nantinya bisa yang akan menjadi relasi. Mulailah berkomunikasi yang baik.

"Cobalah berkomunikasi dengan 1-2 orang perhari. Sehingga dalam sebulan terdapat 60 orang koneksi", tambahnya. [dar]

Rajudin: Kehadiran PPPK Jangan Sampai Menyingkirkan Guru Honor

Sebelumnya

Sekolah Ditutup 14 Hari, Gubernur Edy Rahmayadi: Belajar Dirumah

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Pendidikan