post image
dr. Fazidah Siregar/MedanBagus
KOMENTAR

Berlangsung sejak minggu pagi (14/7) bertempat di Desa Kumpang Kebun Kecamatan Hamparan Perak kegiatan pemeriksaan metabolik tubuh seperti pengukuran tekanan darah, pemeriksaan kadar gula darah, asam urat dan kolesterol. Deteksi dini dari obesitas juga dilakukan pemeriksaan berat badan, tinggi badan dan lingkar perut. Kegiatan ini ditujukan kepada warga masyarakat Desa Klumpang Kebun yang memiliki resiko dan riwayat menderita penyakit tidak menular seperti hipertensi, diabetes mellitus, kolesterol tinggi, dan lain-lain.

Sebagai kegiatan pencegahan penyakit juga diberikan pelatihan kepada kader PKK mengenai deteksi dini penyakit tidak menular dan Gerakan Masyarakat Sehat (GERMAS) dimana kadee berperan aktif dalam upaya menurunkan angka kesakitan dari penyakit tidak menular.

Masyarakat yang mendapatkan pemeriksaan kesehatan ini merasa terbantukan dengan adanya kegiatan ini. "Semoga kegiatan ini bisa dilaksanakan secara rutin di Desa Klumpang Kebun ini, karena untuk mendapatkan pemeriksaan seperti ini biasanya warga harus ke Puskesmas yang lumayan jauh dari rumah, jika mau yang dekat maka harus berbayar ke klinik untuk mendapatkan pemeriksaannya" ujar Ibu Sumiati sebagai Ketua PPK Desa Klumpang Kebun.

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan oleh Fakultas Kesehatan Masyarakat USU sebagai menyebarluaskan hasil penelitian terapan, kaji tindak, teknologi tepat guna untuk meningkatkan mutu kehidupan masyarakat terutama masyarakat pedesaan dengan instansi pemerintah serta dunia usaha.[krm]


Warga Tolak Bangkai Babi ‘Jalan Gedung Arca’ Dikubur Di Pemukiman Mereka

Sebelumnya

Kapolda Sumut Fasilitasi Operasi Dua Warga Penderita Tumor Jinak

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Peristiwa