post image
Foto/Net
KOMENTAR

Pencernaan merupakan sistem organ utama yang dapat mempengaruhi fungsi organ tubuh lainnya. Melalui pencernaan akan terlihat apa saja yang dikonsumsi, dimana bahan makanan yang dikonsumsi ini akan dicerna menjadi sari makanan yang diedarkan ke seluruh jaringan tubuh yang memiliki banyak fungsi, baik sebagai bahan bakar atau sumber tenaga, membantu revitalisasi sel-sel dalam tubuh, mencukupi kebutuhan gizi dalam tubuh hingga sebagai bahan yang dapat menutrisi perkembangan otak kita dan regenerasi seluruh sel dan jaringan yang ada di dalam tubuh.

Sering dianggap sepele namun punya banyak dampak yang sangat penting yaitu pencernaan. Dalam fungsi pencernaan terdapat bakteri baik dalam usus, dimana terdapat kekebalan yang berada di usus hingga 80%. Berikut cara menjaga fungsi kerja usus yang sebagai salah satu organ pencernaan :

1. Konsumsi Serat

Makanan yang kaya akan serat seperti buah dan sayur-sayuran adalah makanan yang dicerna oleh tubuh dalam waktu yang lebih lama ketimbang jenis bahan makanan lainnya, kita dapat memberikan jutaan bakteri baik dalam usus yang dibutuhkan untuk mendapatkan kesehatan tubuh yang optimal yang dapat memberikan nutrisi bagi usus dan sistem organ pengeluaran tubuh kita.

2. Berteman Dengan Bakteri Baik

Berdasarkan beberapa penelitian terkini menyebutkan bahwa bakteri baik memberikan dampak yang baik bagi tubuh dimulai dari mood, pencernaan, hingga sistem kekebalan tubuh. Sumber bakteri baik dapat kita dapatkan melalui bahan makanan seperti makanan berfermentasi diantaranya yogurt, nata de coco, asinan, terasi, tempe, tauco dan keju. Selain baik bagi sistem pencernaan makana tersebut juga baik untuk mencegh penyakit kulit eksim, kesehatan urin dan vagina serta mencegah terjadinya alergi.

3. Menghindari Makanan Yang Manis

Faktanya adalah gula pada bahan makanan yang diproses seperti keripik, cookies, dan minuman bersoda dapat merusak microflora dan memberikan asupan makanan baik bagi bakteri jahat pada usus Hal ini juga memungkinkan terjadinya gangguan pencernaan yang terjadi pada tubuh kita adalah salah satu penyebabnya kita mengonsumsi salah satu bahan makanan atau jenis makanan cemilan tidak sehat tersebut.

Kesehatan sistem pencernaan tubuh kita dalah merupakan tanggung jawab kita masing-masing dari setiap individu, maka dimulai dari diri sendiri yang mesti paham dan mau mencoba berubah dapat mengonsumsi berbagai jenis bahan makanan yang akan masuk ke dalam tubuh kita.[krm]

UNICEF: 700 Juta Balita Di Dunia Alami Gizi Buruk

Sebelumnya

Minuman Herbal Pereda Sakit Maag

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Kesehatan