post image
KOMENTAR

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi meminta agar Kahmi sebagai organisasi yang memiliki anggota kaum terpelajar dapat berperan sebagai perekat umat dan pemersatu masyarakat. Hali tu dikemukakan Gubsu pada saat menerima audiensi dan silaturrahmi yang dilakukan Pengurus Kahmi Medan dan Sumut, serta Panitia Milad ke-53 Kahmi. Rombongan Kahmi yang dipimpin oleh Prof Dr.H. Hasim Purba,SH.MHum selaku Ketua Umum MD Kahmi Medan didampingi Dr.dr Delyuzar.Sp.PA (K) selaku Ketua Panitia Milad Kahmi serta unsur panitia lainnya antara lain Drg.Wahid Khusyairi, dr. Chairani Sukatendel,Sp.OG, Mislaini,Msi, Dra.Hj. Yunita Sari,MSP, Elvie Hadriani.M.Psi , Ansari Tarigan, dan Chairul Munadi,SH.

Dalam penjelasannya kepada Gubsu, ketua Umum Kahmi Medan Prof Dr. H.Hasim Purba, SH.MHum mengatakan bahwa Milad ke-53 Kahmi mengambil tema “Merajut Silaturrahmi, Menguatkan Peran Rahmatan Lil’alamin KAHMI Dalam Mewujudkan Masyarakat Sumut Sejahtera dan Bermartabat”. Lebih lanjut dijelaskan bahwa tema ini menjadi ruh kegiatan milad, yang sedang berlangsung dengan diisi berbagai kegiatan baik yang berdampak sosial kemasyarakatan, peningkatan pengetahuan dan pendidikan serta sinergitas dengan program pembangunan masyarakat Sumatera Utara bermartabat yang dicanangkan Gubsu. Oleh karena itu Prof Dr.Hasim Purba, SH.MHum menegaskan kepada Gubsu, bahwa Kahmi yang mempunyai SDM yang terdiri dari berbagai latar belakang ilmu dan keahlian siap menjadi mitra Gubsu dalam membangun Sumut yang bermartabat, apalagi dalam kenyataannya saat ini banyak anggota Kahmi yang dipercayai menempati jabatan-jabatan strategis dijajaran Pemprovsu. Untuk itu Prof Dr.Hasim Purba, SH.MHum juga meminta kepada anggota Kahmi yang diberi tugas menjabat pada jabatan eselon 2, 3 atau 4 bahkan staf fungsional harus benar-benar memegang amanah dan melaksanakan tugas secara profesional, sehingga tidak sampai mengecewakan Gubsu dan masyarakat.

Disisi lain Dr.dr.Delyuzar,Sp.PA selaku ketua Panitia Milad ke-53 Kahmi menjelaskan bahwa rangkaian kegiatan Milad telah melakukan berbagai kegiatan, seperti bedah buku karya alumni-alumni HMI,pengumpulan infaq buku karya alumni –alumni HMI yang akan disumbangkan ke Perpustakaan Prof Dr.Lafran Pane yang ada di Sipirok, kunjungan ke Perpustakaan Daerah Provinsi Sumut dalam rangka Hari Nasional Kunjungan Keluarga ke Perpustakaan, bakti sosial pelayanan kesehatan gratis kepada masyarakat, serta peningkatan peran masyarakat untuk aktif mencegah dan memberantas penyakit TBC dengan mengaktifkan kader-kader dan relawan penyuluh masyarakat bebas TBC. Selanjutnya unsur panitialainnya Hj. Mislaini, Msi menambahakan bahwa untuk kegiatan berikutnya akan digelar bazar, gerak jalan sehat yang akan dihadiri sekita 1000 sd 1500 orang melibatkanadik-adik mahasiswa, pelajar, jemaah pengajian, ormas dan warga masyarakat lainnya yang akan dilaksanakan pada hari Minggu, 13 Oktober 2019 yang akan datang dengan start di halaman kampus UIN Sumut/IAIN jalan Sutomo Medan dan finish di Jln. Adi Negoro Gedung Insan Cita Medan. Dalam gerak jalan sehat tersebut diharapkan kehadiran Gubsu Bapak Edy Rahmayadi beserta Ibu Nawal Edy Rahmayadi.

Selanjut dr.Chairani Sukatendel,Sp.OG. selaku koordinator bakti sosial kesehatan menjelaskan bahwa dalam acara gerak jalan sehat Minggu tanggal 13 Oktober 2019 akan diisi layanan kesehatan gratis dan donor darah yang dikerjasamakan dengan Tim Kesehatan HMI Komisariat Fakultas Kedokteran USU dan PMI Sumut. Pelayanan kesehatan gratis meliputi pemeriksaan kesehatan Jantung, Paru, Mata, THT, Gula Darah, Asam Urat, serta pemeriksaan kesehatan gigi. Pada kesempatan itu juga akan dilakukan pemberian bantuan alat bantu pendengaran bagi penyandang disabilitas gangguan pendengaran. Rangkaian acara lainnya juga akan memberikan bantuan kepada anak-anak yatim piatu baik dari kalangan keluarga besar Alumni HMI maupun anak yatim masyarakat kurang mampu lainnya.

Hal lain yang menjadi program bakti sosial dalam Milad ke-53 Kahmi adalah bantuan layanan pengurusan legalitas sertifikat tanah wakaf bagi masjid-masjid yang belum tersertifikasi di kota Medan dan sekitarnya yang dikordinir oleh Chairu Munadi,SH. Sebagai acara puncak akan diadakan malam Dialog dan Silaturrahmi antara keluarga Besar Kahmi /HMI dengan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi pada tanggal 13 Oktober 2019.

Pada akhir pertemuan Gubsu Edy Rahmayadi menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi serta penghargaan kepada Kahmi yang dalam acara Milad ke-53 mengisi dengan kegiatan-kegiatan yang sangat positif dan bermanfaat langsung bagi masyarakat dan tentunya mendorong pembangunan masyarakat Sumut yang sejahtera, cerdas dan bermartabat. Untuk itu Gubsu menyatakan akan berusaha untuk hadir dalam acara gerak jalan sehat dan silaturrahmi Milad Kahmi tersebut. [dar]

Tiket Mahal, Wisatawan Akan Enggan Ke Danau Toba

Sebelumnya

RMOLSumut Menggelar Workshop Pembuatan Film Pendek

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Ragam